Mengenal Ritual 'Ngambeng', Tradisi Unik Suku Tengger di Probolinggo

Editor: Sandhi Nurhartanto / Reporter: Mahfud Hidayatullah

Tradisi Ngambeng di SDN 1 Ledok Ombo Probolinggo

jatimnow.com - Umat Hindu Suku Tengger di Desa Ledok Ombo, Kecamatan Sumber, Kabupaten Probolinggo menggelar tradisi 'Ngambeng'.

Ritual yang diadakan setiap selesai ujian sekolah dan kenaikan kelas ini digelar di SDN 1 Ledok Ombo. Dengan membawa sejumlah sesajen berupa makanan dan minuman serta buah buahan, setiap anak didik dan wali murid di sekolah ini juga memakai pakaian adat Suku Tengger.

Wido Mahendra salah seorang guru Agama Hindu SDN 1 Ledok Ombo, mengatakan tujuan di gelarnya kegiatan ini merupakan wujud rasa syukur setiap selesai ujian dan kenaikan kelas di sekolah ini.

"Mereka membawa sesajen untuk persembahan kepada Sang Hyang Widhi sebagaimana wujud rasa syukur," katanya, Senin (5/8/2019).

Sesajen yang di bawa para murid dan orang tua siswa, secara bersama-sama menggelar doa yang dipandu oleh Dukun Pandita Suku Tengger.

"Ritual ini meminta diberikan kemudahan dan kelancaran dalam melaksanakan pendidikan di sekolah," ungkapnya.

Usai dibacakan doa, sesajen yang sudah dibacakan mantra oleh dukun pandita tersebut kemudian dimakan bersama oleh para murid dan orang tuanya.

"Karena dinilai sesajen yang sudah dipersembahkan itu dipercaya bisa mendatangkan berkah dalam kehidupan sehari-hari," tegas pria kelahiran Kabupaten Lumajang ini.

 


jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter