Laporan dari Taiwan

Naik Jet Lift Menara 101 Taipei di Wilayah Rawan Gempa

Editor: Sandhi Nurhartanto / Reporter: Jajeli Rois

Menara 101 Taipei

jatimnow.com - Republik of China atau Taiwan dikenal sebagai wilayah rawan terjadi gempa.

Meski sering terjadi gempa, Taiwan memiliki gedung pencakar langit yang pernah menjadi gedung tertinggi di dunia. Apa tidak khawatir ambruk saat gempa.

"Di Taiwan ini memang sering terjadi gempa," ujar Avida, warga negara Indonesia yang menjadi tour gaide di Taiwan, beberapa waktu lalu kepada rombongan dari media asal Surabaya dan Jakarta serta selebgram atas undangan dari Taiwan Tourism Bureau.

Banyak gedung pencakar langit yang berdiri di Taiwan. Salah satunya menara 101 Taipei. Gedung pencakar langit ini pernah dikukuhkan sebagai gedung tertinggi di dunia oleh Council on Tall Buildings and Urban Habitat pada Tahun 2004. Gedung tersebut berlantai 101 dan setinggi 508 meter.

Kalau terjadi gempa apa tidak ambruk? Nyatanya, sampai saat ini menara tersebut berdiri tegak. Ada teknologi yang membuat gedung pencakar langit di ibu kota Taiwan itu tetap kokoh. Yakni, menggunakan wind damper (peredam angin) yang terbuat dari baja, semen dan lapisan emas.

Wind damper seperti bola raksasa ini berdiameter 5,5 meter dan bobotnya seberat 660 ton. Kaki-kaki untuk menopang wind damper raksasa ini di lantai 87 dan ujung atasnya hingga di lantai 92. Teknologi dari wind damper ini dapat meredam dari goncangan gempa, serta menstabilkan gedung dari terpaan angin.

"Fungsinya untuk menyeimbangkan pada saat angin kencang atau gempa. Jadi saat terjadi gempa, (wind bamper) ikut goyang untuk menyeimbangkan," tutur Avida.

Ada kelebihan lainnya dari Menara 101 Taipei yakni kecepatan lift. Jatimnow ikut merasakan lift super cepat dari lantai 5 hingga lantai 89 hanya membutuhkan waktu 37 detik. Rata-rata setiap lantai dapat dilalui sekitar 2,3 detik.

Menara 101 Taipei ini menjadi salah satu ikon di Taiwan. Dari menara tersebut, selain menjadi pusat perbelanjaan atau mall, pengunjung dapat melihat situasi gemerlap lampu di Kota Taipei.

Jadi, jangan lupa kalau ke Taiwan, mampirlah ke Menara 101 Taipei. HIngga merasakan naik 'jet' lift super cepat.


jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter