jatimnow.com
Ribuan Jemaah Hadiri Pemakaman Mbah Moen di Ma'la Mekkah

Ribuan jemaah mengikuti prosesi pemakaman Mbah Moen di Pemakaman Ma'la, Mekkah, Arab Saudi

jatimnow.com - Ribuan jemaah calon haji asal Indonesia yang ada di Kota Mekkah mengikuti proses pemakaman ulama kharismatik KH Maimoen 'Mbah Moen" Zubair di Pemakaman Ma'la, Mekkah, Arab Saudi.

Pemakaman ulama besar asal Rembang, Jawa Tengah dipimpin langsung Menteri Agama Republik Indonesia Lukman Hakim.

Sebelum jenazah Mbah Moen tiba di area Pemakaman Ma'la, jemaah calon haji asal Indonesia tampak berdatangan ke sekitar area pemakaman. Tampak hadir pula Duta Besar Arab Saudi HM Rasyidi bersama staf kedubes hingga Kapolres Jombang AKBP Fadli Widyanto.

Para jemaah calon haji Indonesia juga sempat melaksanakan Salat Dzhur di Masjid Jin yang jaraknya sekitar 200 meter dari Pemakaman Ma'la. Setelah itu, mereka kembali ke area pemakaman untuk menunggu kedatangan jenazah Mbah Moen..

Jenazah tiba di area pemakaman pada sekitar setelah dzuhur waktu setempat. Ribuan jemaah yang sebelumnya menunggu di luar area pemakaman ikut masuk mendekati liang lahat Mbah Moen hingga penuh sesak. Bahkan, ada jamaah yang rela berdiri sambil berpegangan pagar pemakaman untuk melihat proses pemakaman.

AKBP Fadli Widyanto bersama Gus Ipud ziarah ke Makam Syech Nawawi Al BantaniAKBP Fadli Widyanto bersama Gus Ipud ziarah ke Makam Syech Nawawi Al Bantani

"Banyak jemaah dari Indonesia yang ikut hadir di prosesi pemakaman Mbah Kiai (Mbah Moen)," ujar Ketua Lajnah Bantuan Hukum Jam'iyyah Ahlith Thariqah al Muktabarah an-Nahdliyah (Jatman) Jawa Timur, Gus Ipud kepada jatimnow.com, Selasa (6/8/2019).

Pemakaman Ma'la terletak di sebelah utara Masjidil Haram. Di pemakaman tersebut terdapat makam buyut, paman, kakek, istri dan keturunan Nabi Muhammad SAW.

Selain itu, ada makam ulama besar dari Banten, Indonesia yaitu Syech Nawawi Al Bantani. Juga makam guru Mbah Moen yakni Sayyid Alawi Al Maliki hingga makam Habib Salim As Syathiry.

Makam Mbah Moen terletak di sisi utara area Pemakaman Ma'la. Jaraknya lebih dekat dengan makam istri Nabi Muhammad SAW, Siti Khadijah dan tidak jauh dari makam Syech Nawawi Al Bantani (buyut KH Ma'ruf Amin).

Loading...

Setelah prosesi pemakaman yang berlangsung sekitar satu jam lebih, para jemaah yang hadir terlihat ada yang kembali ke tempat penginapan atau ke Masjidil Haram. Namun ada juga jemaah yang berziarah ke makam para ulama besar tersebut.

foto: Jamaah asal Indonesia memadati pemakaman Mbah Moen
AKBP Fadli Widyanto bersama Gus Ipud ziarah ke Makam Syech Nawawi Al Bantani

Berita Terkait