Potret Kerusakan Akibat Ratusan Orang Mengamuk di Banyuwangi

Editor: Narendra Bakrie / Reporter: Hafiluddin Ahmad

Potret kerusakan rumah Sunaryo di Desa Ringintelu, Kacamatan Bangorejo, Kabupaten Banyuwangi

jatimnow.com - Suasana mencekam di Desa Sukorejo dan Ringintelu, Kecamatan Bangorejo, Kabupaten Banyuwangi berlalu, Jumat (9/8/2019) dihihari. Pagi datang, kerusakan akibat amukan ratusan orang yang menyerbu kedua desa itu mulai terlihat.

Salah satu rumah yang dirusak massa adalah rumah Sunaryo (69) di Desa Ringintelu. Massa yang datang sekitar pukul 01.00 Wib, langsung masuk ke rumahnya dan merusak semua perabot dan bagian rumah. Beruntung, Sunaryo dan keluarganya saat itu tengah bepergian.

Baca juga:  Ratusan Orang Mengamuk Rusak Dua Rumah dan Bakar Motor di Banyuwangi

Pantauan jatimnow.com di lokasi, seluruh perabot rumah tangga mulai dari pot, meja, kursi, peralatan tidur, peralatan makan hingga televisi milik Sunaryo dihancurkan dan berantakan. Bahkan sepeda angin mini baru yang hendak diberikan kepada cucunya turut dibakar bersama motor Honda GL 100 miliknya.

Sejumlah warga melihat salah satu rumah warga yang dirusak ratusan orang di BanyuwangiSejumlah warga melihat salah satu rumah warga yang dirusak ratusan orang di Banyuwangi

Yang membuat miris, naskah skripsi milik anak Sunaryo hilang dan belum ditemukan.

"Ijazah-ijazahnya ada, tapi kalau skripsi anak saya tidak ada setelah saya cari-cari. Mungkin sudah hilang terbakar," keluh Sunaryo, Jumat (9/8/2019) pagi.

"Kalau diganti sama pemerintah ya saya terima, kalau tidak ya tidak apa-apa, wong semuanya nanti juga bakal diambil Allah," tambah pensiunan guru ini.

Sunaryo belum terfikir bagaimana beristirahat di rumahnya itu. Sebab hampir seluruh perlengkapan tidurnya, mulai dari dipan, bantal, sprei, selimut turut dibakar massa yang diduga berasal dari para pendekar salah satu perguruan silat tersebut.

Rumah Sunaryo, salah satu korban amukan ratusan orang di BanyuwangiRumah Sunaryo, salah satu korban amukan ratusan orang di Banyuwangi

"Kasur ada tiga dibakar semua, sepeda motor habis, sepeda cucu yang masih baru juga dibakar. Ya kalau nggak numpang di tetangga, ya tidur di rumah anak," tutur Sunaryo.

Hingga pukul 07.00 Wib, rumah Sunaryo menjadi tontonan warga. Puluhan orang dari luar Desa Ringintelu banyak mendatangi rumahnya, meski sekadar untuk melihat dan memberi suport kepada Sunaryo.

Selain merusak rumah Sunaryo, massa bermotor itu juga merusak rumah warga di Desa Sukorejo, yang letaknya bersebelahan dengan Desa Ringintelu. Polisi juga masih melakukan penjagaan di dua desa tersebut untuk mengantisipasi aksi serupa kembali terjadi.

Loading...

jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter