Berdalih untuk Biaya Berobat Ibunya, Pria ini Gadaikan Motor Temannya

Editor: Sandhi Nurhartanto / Reporter: Bramanta Pamungkas

Pelaku penipuan ditangkap Polres Trenggalek

jatimnow.com - Danang Adi Saputra (23) warga Desa Siman, Kecamatan Kepung, Kabupaten Kediri, ditangkap Satreskrim Polres Trenggalek.

Danang ditangkap setelah dilaporkan oleh salah satu teman perempuannya, Khusnul Ma'rifah (21) Warga Desa Prigi, Kecamatan Watulimo, Kabupaten Trenggalek karena membawa kabur dan menggadaikan motor milik korban.

Kapolres Trenggalek, AKBP Didit Bambang Wibowo menjelaskan penipuan ini berawal saat tersangka meminjam BPKB motor milik korban untuk digunakan sebagai pinjaman di sebuah perusahaan finance.

Tersangka berdalih ibunya dalam kondisi sakit dan memerlukan uang untuk biaya berobat.

"Korban yang merasa iba kemudian meminjamkan BPKB motornya kepada tersangka untuk digunakan sebagai jaminan," ujarnya, Rabu (14/8/2019).

Korban sendiri juga menanggung angsurannya selama tiga bulan. Tersangka berjanji akan mengembalikan seluruh angsuran yang telah dibayarkan oleh korban.

Tersangka kemudian meminjam sepeda motor dan STNK korban dengan alasan mengantar ibunya berobat.

Namun setelah ditunggu beberapa hari kemudian, tersangka sulit dihubungi oleh korban. Merasa tertipu korban kemudian melaporkannya ke polisi.

"Jadi tidak hanya BPKB saja yang digadaikan, sepeda motor korban ternyata juga digadaikan," ujarnya.

Dari hasil pemeriksaan, tersangka mengaku telah menggadaikan sepeda motor yang dipinjamnya. Uang hasil menggadaikan motor korban digunakan untuk kepentingannya sendiri.

Tersangka dijerat pasal 378 atau 372 KUHP, dengan ancaman pidana empat tahun.

"Tersangka mengakui seluruh perbuatannya, dan kondisi ibunya hanya digunakan sebagai alasan saja," pungkasnya.

 


jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter