Ini Langkah Wali Kota Risma Siapkan SDM Berkualitas di Surabaya

Editor: Sandhi Nurhartanto / Reporter: Farizal Tito

Upacara HUT RI di Balai Kota Surabaya

jatimnow.com - Upacara Hari Ulang Tahun (HUT) ke 74 Republik Indonesia diperingati di Balai Kota Surabaya dipimpin Wali Kota Tri Rismaharini yang bertindak sebagai inspektur upacara, Sabtu (17/8/2019).

Wali Kota Risma menyampaikan dengan tema proklamasi kemerdekaan "SDM Unggul Indonesia Maju", jika ingin menjadi pemenang di segala lini maka harus mempunyai kualitas.

"Kalau mau menang harus punya SDM berkualitas. Di Surabaya, saya maunya semua talenta digarap. Oh saya tidak bisa matematika atau fisika. Tapi bukannya dia tidak berhak utuk berhasil, sehingga kami garap semua talenta yang dimiliki anak-anak Surabaya," kata Wali Kota Risma.

Ketika Pemkot Surabaya ditawari oleh UNICEF pelatihan fotografi, ia pun menyanggupinya.

"Aku yakin dengan menggarap di semua bidang, maka tidak akan takut lagi ada anak yang tertinggal, karena pasti semua anak punya talenta masing-masing. Sebenarnya itu inti dari pidatoku tadi (waktu jadi inspektur upacara HUT RI)," tegasnya.

Ia mengakui seringkali masih ada orang tua yang beranggapan bahwa semuanya diserahkan kepada guru-guru sekolah. Padahal kalau dihitung, anak-anak itu di sekolah hanya sekitar 8 jam, sedangkan 16 jam lainnya mereka ada di luar sekolah.

"Itu artinya, semua pihak harus bersama-sama memberikan perhatian kepada anak-anak ini,” kata dia.

Ia mengajak orang tua untuk bersama-sama mengawasi dan membimbing anak-anak sejak usia dini, supaya mereka dapat terselamatkan dari kenakalan remaja, pergaulan bebas dan narkoba.

Ia juga tidak ingin para orang tua hanya mengandalkan peran guru di sekolah untuk mendidik anak-anak, karena sepertiga waktu mereka justru ada di luar sekolah.

"Ini tantangan yang harus dihadapi bersama agar di sisa waktu mereka dapat memperoleh pembelajaran yang berguna dalam menghadapi tantangan global tersebut," ujarnya.

Presiden UCLG ASPAC ini juga mengajak warga Surabaya untuk menciptakan lingkungan di setiap jengkal wilayah Kota Pahlawan sebagai tempat pembelajaran bagi anak-anak dan pemuda.

Tempat pembelajaran ini harus selalu dijaga kualitasnya karena sebagai modal mereka menjawab tantangan dapat bersaing, baik di dalam negeri maupun di luar negeri.

"Selain kerja keras dan disiplin, yang lebih penting adalah penanaman menjaga persatuan dan kesatuan, karena hal ini dapat menjaga stabilitas dan keamanan suatu daerah. Kondisi ini akan memberikan sumbangsih besar dalam membangun kemajuan," pungkasnya.

 

 


jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter