Serunya Lomba Agustusan Marinir Indonesia dan Amerika di Banyuwangi

Editor: Sandhi Nurhartanto / Reporter: Hafiluddin Ahmad

Upacara kemerdekaan di hutan Selogiri Kalipuro Banyuwangi

jatimnow.com - Prajurit Korps Marinir TNI AL dan Marinir Amerika Serikat (USMC) yang tergabung dalam Latihan Bersama Platoon Exchange (Platex) 2019 mengikuti perlombaan di hutan Selogiri Kalipuro, Banyuwangi, Sabtu (17/8/2019).

Berbagai perlombaan yang diikuti kedua Marinir itu adalah balap bakiak, balap karung, memindahkan tepung estafet, memindahkan belut, memasukkan pensil ke dalam botol secara tim dan panjat pinang.

Perserta maupun para penonton begitu meriah saat menyaksikan Marinir kedua negara itu mengikuti perlombaan. Kebersamaan dan kerjasama prajurit Marinir Indonesia - Amerika ditunjukkan saat mereka mengikuti lomba.

Semua perlombaan yang diikuti prajurit Marinir kedua negara tersebut berlangsung sangat menarik, karena semua perlombaan dilakukan secara gabungan, yaitu Marinir Indonesia – Amerika berbaur menjadi satu.

Komandan Satgas Latma Platex 2019, Mayor Marinir Eko Budi Prasetyo mengatakan lomba dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun ke 74 Kemerdekaan Republik Indonesa.

Selain itu juga sebagai sarana memperkenalkan budaya asli Indonesia kepada Marinir Amerika serta sebagai wahana mempererat persahabatan Marinir kedua negara.

"Kegiatan ini juga sebagai sarana refresing bagi prajurit Marinir kedua negara, setelah sekian hari melaksanakan materi latihan," jelasnya.

Sementara itu, Kapten USMC Alfarado yang juga ikut dalam lomba panjat pinang menyampaikan rasa senangnya dengan pengalaman baru yang didapatnya saat mengikuti lomba panjat pinang, karena lomba tersebut belum pernah dilakukan selama ini.

Dikatakan juga bahwa prajurit USMC awalnya malu-malu dalam melakukan perlombaan, tetapi setelah mengetahui cara permainannya, mereka langsung berbaur dan bekerjasama dengan Marinir Indonesia dalam mengikuti perlombaan.

"Selamat ulang tahun ke 74 Republik Indonesia," katanya.

Sebelumnya, Prajurit Korps Marinir TNI AL dan Marinir Amerika Serikat melaksanakan upacara peringatan HUT ke 74 Kemerdekaan Republik Indonesia di hutan Selogiri Kalipuro, Banyuwangi.

Bertindak selaku inspektur upacara, Komandan Satgas Latma Platex 2019 Mayor Marinir Eko Budi Prasetyo, dengan Komandan Upacara Lettu Mar Presly yang menjabat sebagai Komandan Kompi Latma Platex 2019.

Dalam kegiatan tersebut inspektur upacara membacakan amanat Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Siwi Sukma Adji.

Dalam amanatnya Kasal mengatakan, tahun 2019 pemerintah telah menetapkan tema peringatan hari ulang tahun ke-74 Kemerdekaan Republik Indonesia yaitu "SDM Unggul, Indonesia Maju".

Tema tersebut menjadi fondasi dasar dan pemacu semangat Indonesia ke depan, khususnya bagi prajurit pejuang matra laut yang merupakan salah satu komponen utama pertahanan negara di laut sebagaimana digariskan dalam UUD RI tahun 1945.

Pembangunan fisik kekuatan TNI AL, lanjutnya, seperti kapal perang, pesawat udara, pangkalan dan Marinir hanya membutuhkan waktu beberapa tahun saja, tetapi untuk membangun SDM yang unggul dibutuhkan waktu yang lebih panjang.

Dengan demikian perhatian terhadap pembangunan SDM TNI AL perlu terus ditingkatkan ke depan sehingga mampu menciptakan prajurit profesional yang kompeten dan bermoral.

"Melalui momentum peringatan kemerdekaan Republik Indonesia tahun ini, saya mengajak kepada seluruh prajurit TNI AL untuk bersama-sama memacu diri dan berani berkompetisi agar kita mampu sejajar dan bersaing dengan kekuatan angkatan laut negara kawasan," katanya.

 

 


jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter