Jelang Pilkada Serentak di Jatim, Ini Kata Komisi III DPR RI

Editor: Arif Ardianto / Reporter:

Wakil Ketua Komisi III DPR RI Desmond Junaidi Mahesa usai melakukan pertemuan dengan Kapolda Jatim dan jajarannya

jatimnow.com- Komisi III DPR RI hari ini melakukan kunjungan kerja ke markas Polda Jawa Timur. Ada beberapa agenda kunjungan, diantaranya melihat kondisi kesiapan Polda Jatim dalam mengamankan pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak di Jatim.

Kedatangan rombongan yang dipimpin Desmond Junaidi Mahesa. Wakil Ketua Komisi III DPR RI ini langsung disambut Kapolda Jatim Irjen Pol Machfud Arifin, Wakapolda Jatim Brigjen Pol Widodo Eko Prihastopo serta seluruh pejabat utama Polda Jatim, Kamis (19/4/2014).

Kemudian, belasan anggota DPR di bidang hukum, HAM dan keamanan ini langsung melakukan pertemuan dengan Kapolda, wakapolda, pejabat utama serta kapolres jajaran seluruh Polda Jatim di ruang rupatama, gedung Tri Brata.

"Ini kunjungan spesifik berkaitan dengan apa apa yang dianggap urgen oleh Komisi III," kata Desmond kepada wartawan usai pertemuan di Mapolda Jatim, Jalan A Yani, Surabaya, Kamis (19/4/2018).

Ia menerangkan, agenda pertama yakni menanyakan kondisi dan kesiapan Polda Jatim dan jajaran menghadapi pilkada serentak di 18 kabupaten dan kota serta Pemilihan Gubernur Jawa Timur.

"Kesiapan polda untuk pemilukada ini . Makanya sekarang dihadirkan seluruh kapolres seluruh Jawa Timur, tentang kesiapan personel, pendanaan dan kemungkinan daerah-daerah sensitif yang berdampak pada kerusuhan dan macam macam itu," ujarnya.

Ia juga menayampaikan, sudah mendapatkan paparan dari Kapolda Jatim dan kapolres jajaran tentang kesiapan menjelang pilkada itu. Politisi Gerindra ini yakin pihak kepolisian Jawa Timur sangat siap dalam mengamankan pilkada.

“Tinggal bagaimana ke depan kita berdoa agar tidak terjadi sesuatu hal yang membuat keamanan dan ketenangan masyarakat Jawa Timur tidak terganggu oleh pemilukada ini," terangnya.

Desmond menambahkan, suasana keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) menjelang pilkada serentak ini cukup aman dan mencair.

"Kami melihat kesiapan polda dalam gambaran tadi menunjukkan kesiapan polisi sangat luar biasa. Petanya (kondisi kamtibmas) cair, tentunya dengan cair diharapkan tidak terjadi sesuatu hal yang tidak diinginkan dan resikonya agak terukur," terangnya.

Sementara itu, Kapolda Jatim Irjen Pol Machfud Arifin mengatakan, menjelang pilkada Gubernur, Kabupaten dan Kota di Jatim diharapkan masyarakatnya siap. Penyelenggara pilkadanya seperti KPU hingga Bawaslu Jatim juga siap.

"Kalau aparat keamanan dalam mengamankan upaya maksimal bisa senantiasa siap. Dengan TNI dengan unsur -unsur yang lain pasti berupaya maksimal untuk siap," kata Machfud.

Kapolda arek Suroboyo ini berharap kepada masyarakat, untuk sadar dengan sendirinya ikut menjaga kondusifitas di wilayahnya masing-masing.

"Kekuatan kita ada di kekuatan masyarakat itu sendiri, yang memang mau mencari pemimpin, mau pesta demokrasi dengan menggunakan hak-haknya, silahkan nggak apa-apa," terangnya.

Ia menambahkan, besok Polda Jatim akan mengumpulkan para Babinsa, Bhabinkamtibmas, camat hingga kepala desa untuk sama-sama dan bahu-membahu tiga pilar itu untuk bisa menjaga kondusifitas wilayahnya.

"Dan kemudian ikut mensukseskan pemilu. Pemilunya terhitung sukses kalau bisa tidak ada pelanggaran. Partisipasi masyarakat juga sangat tinggi," jelasnya.

 

Reporter: Jajeli Rois

Editor: Arif Ardianto

 


jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter