3 Gubernur Dipanggil Bahas Kerusuhan di Manokwari, Ini Kata Khofifah

Editor: Sandhi Nurhartanto / Reporter: Arry Saputra

Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa

jatimnow.com - Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tjahjo Kumolo akan memanggil tiga gubernur untuk berkoordinasi dampak kerusuhan di Manokwari.

Yakni Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa; Gubernur Papua, Lukas Enembe dan Gubernur Papua Barat, Dominggus Mandacan.

Pemanggilan tersebut akan dilakukan setelah situasi dan kondisi di Manokwari, Papua Barat membaik dan kondusif.

Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa mengatakan bahwa pihaknya akan mengikuti arahan dari Mendagri atas pemanggilan itu.

"Kemungkinan Pak Mendagri akan mengundang Gubernur Papua, Papua Barat dan Jatim. Kami akan mengikuti arahan Pak Mendagri," kata Khofifah saat cangkrukan Forkopimda Jatim dan keluarga besar Papua di Jawa Timur di rumah dinas Kapolda Jatim, Jalan Bengawan, Surabaya, Senin (19/8) malam.

Namun jika Mendagri berkenan datang ke Jatim, Khofifah akan menyambut kedatangan para gubernur lainnya yang ikut dipanggil. Menurutnya kedatangan mereka ke Jatim bisa dimanfaatkan sebagai silaturahim dengan mahasiswa Papua yang ada di Jawa Timur.

"Kalau Pak Mendagri berkenan di Jatim, tentu kami akan bersuka cita untuk bisa menerima Gubernur Papua, Papua Barat. Dan tentu dalam koordinasi Pak Mendagri. Sekaligus silaturahim dengan mahasiswa Papua di Jatim. Malang juga siap jadi tuan rumah," ujarnya.

Khofifah mengaku telah berkomunikasi dengan Gubernur Papua, Lukas Enembe atas rencananya berkunjung ke Jatim. Lukas juga berencana akan menemui mahasiswa Papua yang ada di Jawa Timur.

"Saya tadi telepon dengan beliau. Beliau juga ada rencana melakukan pertemuan dengan mahasiswa Papua yang ada di Jatim," jelasnya.

Menurutnya, selain Gubernur Papua, Staf Khusus Presiden RI, Joko Widodo yang ada di Papua, Lenis Kagoya rencananya juga akan berkunjung ke Jawa Timur. Khofifah juga siap mendampingi apabila akan berkunjung untuk menemui warga Papua yang ada di Jatim.

"Besok kan Pak Lenis Kagoya akan kesini, tadi saya teleponan. Kita cocokkan saja programnya dengan Pak Lenis. Tadi kami kontak-kotakan, saya belum dapat jamnya. Kalau beliau kesini saya akan cocokkan formatnya bagaimana agar sama-sama efektif," tukasnya.

 


jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter