Ketika Alat-alat Kontrasepsi Jadi Nama Jalan Desa di Mojokerto

Editor: Narendra Bakrie / Reporter: Achmad Supriyadi

Salah satu alat kontrasepsi jadi nama jalan desa di Mojokerto

jatimnow.com - Di sebuah desa di Kabupaten Mojokerto bisa dijumpai sejumlah nama jalan dengan nama alat-alat kontrasepsi. Nama-nama jalan unik itu dapat ditemukan di Desa Kwedenkembar, Kecamatan Mojoanyar, Kabupaten Mojokerto.

Dari pantauan jatimnow.com di Desa Kwedenkembar, terdapat Jalan Kondom, Jalan Pil, Jalan IUD, Jalan Suntik hingga Jalan Implan.

"Nama jalannya berhubungan dengan alat kontrasepsi karena di sini merupakan kampung KB (Keluarga Berencana) di Kabupaten Mojokerto," kata Kepala Desa Kwedenkembar, Winarno, Sabtu (31/8/2019).

Winarno menambahkan, awalnya jalan-jalan di desanya itu tidak bernama. Namun sejak tahun 2017 terbesit ide memberi nama jalan dengan nama alat-alat kontrasepsi saat desa itu akan mengikuti lomba Petugas Lapangan Keluarga Berencana (PLKB).

"Ide spontan saat rapat mau lomba PLKB tahun 2017 lalu," jelas Winarno yang juga merupakan Pembina Kampung KB.

Masih kata Winarno, penamaan jalan-jalan di desanya dengan nama alat-alat kontrasepsi tersebut, warga setempat semakin sadar manfaat KB.

"Alhamdulillah hingga saat ini masyarakat banyak yang sudah ber-KB," tuturnya.


jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter