Pixel Codejatimnow.com

Sambut Tahun Baru Islam, Warga Probolinggo Gelar Pawai Obor

Editor : Sandhi Nurhartanto  Reporter : Mahfud Hidayatullah
Pawai obor di Probolinggo
Pawai obor di Probolinggo

jatimnow.com - Pawai obor diikuti ribuan warga di beberapa kecamatan yang ada di Kabupaten Probolinggo untuk menyambut Tahun Baru Islam 1441 Hijriyah, Sabtu (31/8) malam.

Salah satunya menggelar pawai obor dilakukan warga Desa Clarak, Kecamatan Leces Kabupaten Probolinggo. Menggunakan bambu dengan panjang 50 sentimeter yang dinyalakan dengan api, mereka keliling desa dengan jalan kaki diiringi lantunan salawat dan zikir.

Rouf, salah satu warga desa setempat mengatakan penyambutan malam Tahun Baru Islam dengan pawai obor keliling desa sebagai salah satu syiar agama yang patut dilakukan karena merupakan kegiatan bernilai positif.

"Kita memilih dengan cara pawai obor dan membaca salawat dan zikir keliling desa," ujarnya.

Baca juga:
ACT Bagikan Ribuan Makanan di Jakarta Muharram Festival 2019

Pawai obor juga dilakukan oleh warga Desa Sumbersuko, Kecamatan Dringu, Kabupaten Probolinggo dalam menyambut Tahun Baru Islam.

Menurut Sahid salah satu warga, kegiatan pawai obor diharapkan bisa memberikan dampak positif kepada masyarakat terutama dalam penanaman nilai-nilai keagamaan kepada generasi muda.

Baca juga:
Panitia Penyelenggara Apresiasi Pawai Obor Asian Games di Banyuwangi

"Jadi kegiatan ini perlu digelar secara rutin setiap tahunnya. Meski digelar dengan sederhana namun tidak mengurangi rasa khidmat dan nilai di dalamnya," katanya.