Punguti Sampah di Acara Labuh Laut, Bupati Ipin: Selamatkan Lingkungan

Bupati Ipin memunggut sampah

jatimnow.com - Ada hal unik yang dilakukan oleh Bupati Trenggalek, Mochamad Nur Arifin atau mas Ipin saat menghadiri upacara adat Labuh Laut di Pantai Cengkrong, Desa Karanggandu, Kecamatan Watulimo.

Saat sedang berjalan menuju lokasi acara, Mas Ipin secara spontan memunguti sampah plastik yang berada di jalan.

Sampah tersebut kemudian dikumpulkan, dan dibuang ke tempat sampah yang berada di sekitar lokasi. Aksi ini dilakukan sambil melayani permintaan swafoto, dari masyarakat yang juga hadir dalam acara tersebut.

Mas Ipin mengatakan apa yang dilakukannya ini merupakan salah satu upaya memberi contoh kepada masyarakat untuk senantiasa memperhatikan kebersihan lingkungan sekitar, terutama kawasan wisata.

Selain agar pengunjung kawasan wisata merasa nyaman saat berkunjung, kebersihan lingkungan sekitar merupakan salah satu fokus utama bagi Mas Ipin.

 

"Ekosistem yang terjaga menjadi salah satu fokus utama untuk menyelamatkan lingkungan demi anak cucu kita" ujarnya, Minggu (1/9/2019).

Ia mengajak masyarakat di Pesisir Watulimo mempersiapkan diri menyambut era baru. Posisi Watulimo saat ini sangat diuntungkan dengan tersambungnya jalan Watulimo, Munjungan dan Panggul.

Sedangkan di sisi Timur tahun depan juga tersambung dengan Pantai Popoh di Kabupaten Tulungagung. Pemerintah Pusat telah menggelontorkan anggaran mencapai Rp 800 miliar untuk menyambungkan Prigi dengan Popoh.

"Watulimo itu seringnya banyak ditempuh dari jalur Durenan lalu masuk ke Tulungagung dulu baru ke Watulimo, tapi nanti bisa langsung dari Tulungagung," jelasnya.

Menurutnya jika masyarakat tidak mempersiapkan diri, maka Watulimo hanya menjadi perlintasan saja. Tidak banyak wisatawan yang masuk daerah tersebut dan hanya numpang lewat saja.

Loading...

Selain pembangunan infrstruktur pendukung, masyarakat juga harus ikut serta menjaga ekosistem lingkungan.

"Salah satunya dengan menjaga kebersihan agar pengunjung merasa nyaman," pungkasnya

Berita Terkait