Ketiduran di Kampus, 2 Mahasiswa Unitomo Malah Dituduh Mesum

Editor: Sandhi Nurhartanto / Reporter: Farizal Tito

Aksi teatrikal mahasiswa Unitomo protes Wakil Rektor 4

jatimnow.com - Dua mahasiswa Universitas Dr Soetomo (Unitomo) menggelar aksi protes, Jumat (6/9/2019).

Protes tersebut disampaikan atas tindakan yang dilakukan oleh Wakil Rektor 4 Unitomo yang menyebarkan video yang diduga didokumentasikan di Unit Kegiatan Mahasiswa Fotografi.

Video tersebut menjadi perbincanga kampus yang membuat keduanya merasa malu. Kedua mahasiswa protes dengan menggelar aksi treatrikal mengusung tema "Saksikan Layar Tancap 2 Mahasiswa Diduga Mesum ?".

Mereka membawa keranda mayat dengan bertuliskan 'Matinya Rasa Malu'. Kedua mahasiswa dan mahasiswi menutup kepalanya dengan kain hitam dan membentangkan kertas bertuliskan 'Kami Tidak Mesum' dan 'Kami Punya Etika' dan juga tabur bunga.

Aksi teatrikal yang berlangsung selama satu jam tersebut, menjadi tontontan mahasiswa di Unitomo.

Salah satu mahasiswa yang diduga berbuat mesum, yakni Ahmad Mukti mahasiswa jurusan komunikasi mengatakan jika dia dan teman tidak melakukan perbuatan yang tengah ramai diperbincangkan.

"Kita melakukan aksi demo ini, dengan tujuan untuk menuntut Warek 4, Bu Mei. Waktu itu kami sedang di ruang kesekretariatan fotografi. Setelah itu beliau masuk kedalam dan tanpa ijin mengambil dan merekam video. Padahal waktu itu, kami tertidur dan kita tidak ngapa-ngapain," kata Ahmad Mukti kepada wartawan.

Ia menjelaskan jika saat itu dirinya bersama mahasiswi yang bernama Elle Noor Aziza dari Fakultas Hukum tidak melakukan perbuatan mesum yang seperti dituduhkan kepada mereka.

"Kami ingin mengklarifikasi kepada Bu Mei yang merekam video tersebut, jika kami tidak melakukan apa-apa. Jadi posisi kami saat itu saya tertidur menyamping dan wanita tersebut bersandar di kaki saya, cuman itu saja," ujarnya.

Saat keduanya terbangun, salah satu dari mahasiswa tersebut mendengarkan ucapan Wakil Rektor 4 memanggil Civitas Akademika Unitomo, jika telah mendapatkan video tersebut.

"Pada waktu terbangun, Elle (mahasiswi) mendengarkan jika Bu Mei memanggil Pak Slamet Wakil Rektor 2 jika mendapatkan video itu," ujar Ahmad.

Sementara itu, Elle mengatakan akibat penyebaran video dugaan mesum tersebut, teman-teman berpadangan negatif kepadanya.

"Jelas saya dirugikan. Jadi karena ada tuduhan mesum seperti itu jadi stereotipnya ke saya," ujar Elle.

Sependapat dengan Ahmad, Elle juga meminta agar Wakil Rektor 4 Unitomo agar bisa bertemu dengan mereka dan meminta klarifikasi.

"Sejauh ini kami ingin Bu Mei melakukan klarifikasi saja hawa kita tidak melakukan adegan mesum seperti isu yang beredar," tukasnya.

Wakil Rektor 3 bidang Kemahasiswaan Unitomo, Suyanto mengaku kepada awak media masih harus mengumpulkan keterangan dan bukti dari banyak pihak agar persoalan segera dapat di carikan solusi.

"Kami sampai sejauh ini memang masih mencari atau mengumpulkan bukti-bukti terkait dengan persoalan tersebut. Mohon berikan waktu, dan secepatnya kami akan kembali mengundang kawan-kawan media menuntaskan hal ini. Kami masih mengumpulkan keterangan," kata Suyanto.

Sementara itu, Wakil Rektor 4 Unitomo, Meithiana Indra Sari Yunus saat dihubungi jatimnow.com nomor panggilannya dialihkan.


jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter