Kenangan Bersama KH Fuad Amin Tiga Hari Sebelum Tutup Usia

Editor: Narendra Bakrie / Reporter: Jajeli Rois

Mantan Kapolda Jatim Irjen Pol (Purn) Machfud Arifin saat menjenguk KH Fuad Amin di RSUD Sidoarjo, tiga hari sebelum KH Fuad Amin tutup usia

jatimnow.com - Ada cerita dan kenangan tak terlupakan sebelum Bupati Bangkalan dua periode (2003-2012) KH Fuad Amin Imron tutup usia. Cerita itu membekas di benak mantan Kapolda Jatim Irjen Pol (Purn) Machfud Arifin.

Kiai Fuad Amin dinyatakan meninggal dunia sekitar pukul 16.00 Wib, Senin (16/9/2019). Ia menjalani perawatan di Graha Amerta RSU dr Soetomo, Surabaya, sejak 14 September 2019 setelah dirujuk dari RSUD Sidoarjo, atas diagnosa penyakit jantung, paru-paru dan urologi.

Namun, sebelum KH Fuad Amin menghembuskan nafas terakhir, ia sempat dijenguk Irjen Pol (Purn) Machfud Arifin di RSUD Sidoarjo. Saat itu, KH Fuad Amin terlihat semangat, meski wajahnya mulai pucat. Ia melempar candaan dengan Machfud Arifin.

Machfud Arifin mengatakan, saat menjenguk, KH Fuad Amin saat itu sedang ditunggui istrinya.

"Ada istrinya juga. Dan beliau juga bercanda," kenang Machfud Arifin, Selasa (17/9/2019).

Machfud mengaku terkejut mendengar kabar meninggalnya KH Fuad Amin. Sebab saat ia menjenguk, badan KH Fuad Amin terlihat kekar, meski wajahnya terlihat pucat, karena sakit.

"Badannya kekar. Cuman saat itu wajahnya terlihat pucat," tutu Machfud.

Machfud meminta masyarakat untuk ikut mendoakan almarhum KH Fuad Amin agar dapat diterima disisi Allah. Dan keluarga yang ditinggalkannya diberikan ketabahan.

"Innalillahi wainnaillaihi roji'un. Manusia ada khilafnya dan sudah dipertanggungjawabkan. Ini menjadi pembejaran semuanya," tuturnya.

KH Fuad Amin tercatat menjadi Waga Binaan Lapas Klas 1 Surabaya di Porong, Sidoarjo sekitar 10 bulan atas kasus korupsi. Selama di Lapas Porong, mantan politikus PKB dan Gerindra itu menjalani rawat inap sebanyak tujuh kali di rumah sakit. Lima kali di RSUD Sidoarjo dan dua kali di RSU dr Soetomo Surabaya.

Pada rujukan terakhir ke RSUD Sidoarjo, yaitu 7 September 2019, Fuad Amin diopname di Ruang Anggrek GDH lantai 3, dengan diagnosa penyakit jantung, paru-paru dan urologi. Karena pertimbangan medis, pada tanggal 14 September 2019, Fuad Amin dirujuk oleh RSUD Sidoarjo ke RSU dr Soetomo, Surabaya dan dinyatakan meninggal dunia sekitar pukul 16.00 Wib, Senin (16/9/2019).


jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter