Road Show Bus KPK, Bupati Ipong Komitmen Perangi Korupsi di Ponorogo

Editor: Redaksi / Reporter: Advertorial

Bupati Ipong menyambut Road Show Bus KPK yang singgah di Ponorogo

jatimnow.com - Road Show Bus KPK 2019 Jelajah Negeri Bangun Antikorupsi, tiba di Ponorogo mulai Kamis (19/9/2019). Rombongan KPK disambut hangat oleh Pemkab Ponorogo dan jajaran forum komunikasi pimpian daerah (forkompimda).

Bupati Ponorogo Ipong Muchlissoni mengatakan, kedatangan Bus KPK memberikan edukasi dan sosialisasi kepada anak-anak untuk semakin menguatkan semangat antikorupsi.

"Ini merupakan penguatan semangat antikorupsi untuk semuanya, termasuk kepada anak-anak," kata Bupati Ipong.

Dia pun berkomitmen untuk turut mencegah tindak pidana korupsi sekecil apapun. Pertama hal yang sudah dilakukannya adalah sudah membuat pakta integritas.

Forkompimda Ponorogo menyambut Bus KPK Forkompimda Ponorogo menyambut Bus KPK

"Sudah saya buat pakta integritas, baik tingkat Organisasi Perangkat Daerah (OPD) maupun semacam MOU dengan KPK," jelas Bupati Ipong.

Menurutnya, dalam rangka pelaksanaan pakta integritas itu, Pemkab Ponorogo sudah melakukan semacam National Security Prosedural (NCP). Berdasarkan peringkat, Ponorogo menjadi terbaik kedua di Jawa Timur dalam pencapaian pertanggungjawaban pencegahan korupsi terintegrasi atau MCP.

Bupati Ipong menyebut, sudah melakukan upaya elektronikisasi kegiatan-kegiayan yang memyangkut pelayanan publik. Dari mulai onedayservice dpmptsp, Dipendukcapil. Kedua instansi itu, kata dia, membuat pelayanan dalam mengurangi antrean.

"Mereka bikin inden waktu melalui online, orang dari rumah bisa ngontak Dispendukcapil, tanya antrean, itu ada waktunya. Jadi tidak perlu antre berlama-lama," paparnya.

Bus KPK singgah di Ponorogo mulai 19 hingga 21 September 2019. Road show tersebut merupakan bentuk sosialisasi yang dilakukan KPK untuk mengedukasi masyarakat dalam upaya pencegahan tindak pidana korupsi. Selain itu, KPK juga akan mengajak masyarakat untuk berperan aktif dalam proses pencegahan korupsi tersebut.

Bupati Ipong melihat sosialisasi antikorupsi di Bus KPK Bupati Ipong melihat sosialisasi antikorupsi di Bus KPK

Beragam kegiatan menarik digelar KPK di Ponorogo. Dengan deretan kegiatan yang akan digelar, diharapkan sosialisasi yang dilakukan KPK bisa efektif dan mengena di masyarakat. Sehingga, masyarakat lebih paham apa saja program yang dilakukan KPK.

Kegiatan yang digelar yaitu talkshow di radio lokal Ponorogo, pameran pelayanan pubik dari kejaksaan, kepolisain, Dinas Kependudukan dan Dispendukcapil. Juga ada pameran dari KPK tentang sosialisasi pengaduan masyarakat serta pameran kuliner.

Tidak hanya itu, acara itu juga melibatkan pelajar mulai dari TK hingga SMA sederajat. Juga diisi dengan berbagai kegiatan menarik seperti boardgame, kuis interaktif dan menonton film pendek.

Lokasinya, ada di alun-alun Ponorogo, Pendopo Kabupaten Ponorogo, Gedung DPRD Ponorogo, Gedung Bappeda. Untuk panggung utama berada di Alun-alun Ponorogo dan area car free day.


jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter