Melihat dari Dekat Jejak Manusia Purba di Gua Lowo Ponorogo

Editor: Narendra Bakrie / Reporter: Mita Kusuma

Tim Pusat Penelitian Arkeologi Nasional saat melakukan penelitian jejak manusia purba di Gua Lowo, Sampung, Ponorogo

jatimnow.com - Situs Gua Lowo di Desa/Kecamatan Sampung, Kabupaten Ponorogo terus diteliti Tim Pusat Penelitian Arkeologi Nasional. Tim yang terdiri dari 13 personel itu menemukan berbagai benda yang diperkirakan peninggalan zaman pra sejarah.

Penelitian di Gua Lowo tersebut, dilakukan Tim Pusat Penelitian Arkeologi Nasional selama 18 hari sejak Sabtu (28/9/2019) hingga Selasa (15/10/2019). Penelitian ini dilakukan untuk menguak jejak manusia purba di gua ini.

"Kami menemukan berbagai peralatan dari tulang hewan yang diperkirakan ada sejak zaman pra sejarah dari Ras Austrimelanesoid yang menghuni Gua Lowo," kata Ketua Tim Pusat Penelitian Arkeologi Nasional, Djatmiko, Selasa (8/10/2019).

Tim Pusat Penelitian Arkeologi Nasional menunjukkan peralatan dari tulang hewan yang diduga milik manusia purba di Gua Lowo PonorogoTim Pusat Penelitian Arkeologi Nasional menunjukkan peralatan dari tulang hewan yang diduga milik manusia purba di Gua Lowo Ponorogo

Menurut Djatmiko, tulang-tulang hewan yang ditemukan itu, diperkirakan ada sejak 3000 sampai 7000 tahun silam. Ia mengaku, penemuan itu merupakan pengembangan dari penelitian sebelumnya, di sekitar bekas galian yang mengalami longsor.

Hasil analisa sementara, peralatan dari tulang itu ada sejak zaman manusia pra sejarah yang pertama menghuni gua tersebut.

Djatmiko membeberkan, alat-alat dari batu juga ditemukan, seperti ujung panah, flakes, batu pipisan serta kapak yang sudah diasah. Namun yang dominan, penemuan alat yang paling dominan adalah alat-alat yang terbuat dari tulang dan tanduk rusa.

"Peralatan dari tulang kami sebut Sampung Bone Culture," tuturnya.

Tim Pusat Penelitian Arkeologi Nasional mengumpulkan peralatan dari tulang hewan dan batu yang diduga milik manusi purba di Gua Lowo PonorogoTim Pusat Penelitian Arkeologi Nasional mengumpulkan peralatan dari tulang hewan dan batu yang diduga milik manusi purba di Gua Lowo Ponorogo

Tim ini sudah menemukan alat-alat dari batu berjumlah 50-an, ada yang berbentuk lancipan, hingga mata panah bergerigi. Akan tetapi baru 8 yang baru bisa diketahui kegunaannya.

"Sedangkan alat dari tulang total ada 20 dengan spesifikasi kegunaan masing-masing, mulai dari lancipan, sudip dan spatula," beber Djatmiko.

Dia mengaku, temuan ini akan dikonservasi di Kantor Arkeologi Jakarta untuk mencari informasi, mulai dari usia, jenis, kronologi budaya hingga siapa manusia pra sejarah pertama yang tinggal di Gua Lowo tersebut.

Selain itu, dari hasil penelitian tersebut, ditemukan ada 9 kerangka manusia purba, serta dua di antaranya ditemukan oleh Tim Pusat Penelitian Arkeologi Nasional pada tahun 2000.

"Hasil penelitian ini diharapkan menambah literasi sejarah manusia purba di tanah air," tandasnya.

Loading...

jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter