Lereng Gunung Ringgit Pasuruan Terbakar

Editor: Sandhi Nurhartanto / Reporter: Moch Rois

Kebakaran di Gunung Ringgit

jatimnow.com - Kebakaran yang melanda hutan di blok Curah Seriti Gunung Arjuno juga terjadi di Gunung Ringgit.

Kebakaran di Gunung Ringgit yang juga merupakan wilayah konservasi Taman Hutan Raya (Tahura) R. Soerjo terjadi pada Jumat (11/10/2019).

Kepala UPT Tahura R Soerjo, Ahmad Wahyudi mengatakan kebakaran diduga akibat cuaca yang panas dan kencangnya hembusan angin, membuat api dengan cepat merambat membakar semak-semak.

"Untuk kemiringan tanah di titik kebakaran sekitar 45 derajat. Selain semak-semak yang terbakar, beberapa tegakan seperti Cemara Gunung dan Akasia beberapa juga ikut terbakar. Kalau pagi ini angin masih pelan, kalau siang sampai malam angin sudah berhembus kencang," jelas Ahmad Wahyudi, Sabtu (12/10/2019).

Luasan hutan yang terbakar di wilayah Konservasi lereng Gunung Ringgit dan blok Gumandar berada di ketinggian 2.200 Mdpl terjadi mulai pukul 12.45 Wib. Hingga kini, tim gabungan masih berjibaku memadamkan api.

"Belum jelas sudah berapa hektar hutan di Gunung Ringgit yang telah terbakar. Sebab tim gabungan masih melakukan upaya pemadaman secara manual di lokasi kebakaran," tukasnya.

Kasie Kesatuan Pengelollan Hutan (KPH) Malang, Dedi Hadiana mengatakan jika penambahan personil telah dilakukan pagi ini lantaran masih belum padamnya api yang membakar hutan Gunung Ringgit.

"Kemarin, ada 17 orang dari unsur TNI, Polri, Tahura dan Relawan yang sudah berangkat memadamkan api. Untuk pagi ini ada tim tambahan berjumlah 24 orang dari unsur TNI dan Perhutani yang sudah berangkat," kata Dedi.

Loading...

jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter