Tanah Keluarkan Bau Menyengat dan Berasap Gemparkan Warga Jombang

Editor: Sandhi Nurhartanto / Reporter: Achmad Supriyadi

Warga mengorek tanah yang mengeluarkan bau dan kepulan asap

jatimnow.com - Warga Dusun Gedangan, Desa Ngudirejo, Kecamatan Diwek, Kabupaten Jombang gempar dengan fenomena tanah mengeluarkan bau menyengat dan suhu yang panas hingga mengeluarkan kepulan asap.

Fenomena tanah yang mengeluarkan asap itu diketahui pertama kali pada Minggu (13/10/2019) ketika beberapa warga mencium bau menyengat.

Hanafi, salah satu warga mengatakan fenomena tersebut diketahui setelah beberapa masyarakat mencari asal keluarnya bau yang menyengat tersebut. Diketahui bau itu keluar dari tanah di pekarangan kosong yang berada di sebelah barat rumah Hanafi.

"Sejak tadi malam keluar asap, baunya kayak bau tebu terbakar," kata Hanafi kepada wartawan di lokasi tanah yang keluarkan asap, Senin (14/10/2019).

Warga sekitar yang penasaran kemudian mencoba mengorek tanah yang mengeluarkan asap itu dengan sebatang kayu.

Hanafi mengaku dirinya tidak mengetahui pasti penyebab tanah itu mengeluarkan asap dan bau. Menurutnya, tanah itu memiliki tekstur yang berbeda dengan tanah lain disekitarnya.

Selain itu, keanehan lainnya adalah saat ditanami tumbuhan sulit untuk berkembang. Padahal tanah sekitarnya terbilang subur.

"Sudah lama tanah ini tidak bisa ditanami apa-apa, kayak tanah mati dan dulu dibawahnya tanah pasir," pungkasnya.

Loading...

jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter