Kantor Baru Bupati Trenggalek Disulap Jadi Ruang Kendali Smart Center

Editor: Narendra Bakrie / Reporter: Bramanta Pamungkas

Bupati Trenggalek Mochamad Nur Arifin melihat pengerjaan pusat kendali Smart Center yang menggunakan ruang kerja barunya

jatimnow.com - Bupati Trenggalek Mochamad Nur Arifin mengorbankan kantor barunya untuk difungsikan sebagai pusat data dan ruang kendali Smart Center. Kantor baru itu berada di Komplek Pendopo Manggala Praja Nugraha.

Bupati Nur Arifin menyebut, Smart Center membutuhkan ruang pusat data dan kendali. Kebutuhan pusat data dan ruang kendali untuk Smart Center mutlak diperlukan dibandingkan ruang kerja baru. Sebab, Smart Center berkaitan dengan kebutuhan masyarakat luas.

Nantinya, segala data yang dibutuhkan masyarakat seperti kependudukan, antropologi, pendidikan, kesehatan, pariwisata hingga kemiskinan, akan dipusatkan di Smart Center tersebut.

"Kalau menurut saya, saya tidak perlu kantor yang nyaman dan saya bisa nyaman bila pelayanan publik itu angkanya baik," ujar Bupati Nur Arifin, Senin (14/10/2019)

Smart Center ini diharapkan bisa memberikan rekomendasi untuk keputusan bupati. Semua data tersedia untuk memutuskan sebuah kebijakan baru. Data tersebut akan terus diupdate oleh petugas setiap harinya. Beberapa aplikasi yang bisa diakses oleh masyarakat juga tengah dipersiapkan untuk mendukung Smart Center ini.

"Ini harus segera dilaunching, tidak boleh lebih dari tahun ini karena anggarannya sekarang," paparnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Trenggalek Edif Hayunan Siswanto menambahkan, nantinya semua organisasi perangkat daerah (OPD), akan mempunyai data yang bisa diakses semua masyarakat.

Saat ini jumlah data yang sudah masuk mencapai 60 persen. Sedangkan data yang belum masuk, rata-rata bersifat offline sehingga memerlukan waktu untuk proses peralihan.

"Yang jelas kita punya Dashboard Smart Center. Semua OPD yang mempunyai data yang bisa diakses oleh masyarakat, nantinya kita berikan fitur di dashboard ini," tambahnya.

Loading...

jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter