Penampakan Hewan Diduga Macan di Ponorogo Ternyata Kucing Hutan?

Editor: Narendra Bakrie / Reporter: Mita Kusuma

Polisi juga menggali informasi di lahan jagung yang disebut warga dilewati hewan diduga macan

jatimnow.com - Penampakan hewan diduga macan yang menggegerkan warga Desa Sumberejo, Kecamatan Balong, Kabupaten Ponorogo, belum dipastikan kebenarannya. Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) juga sudah melakukan pengecekan ke lokasi.

"Kami cek ke lokasi untuk memastikan apakah ada tanda atau jejak keberadaan hewan itu atau tidak," kata Kepala Resort Konservasi Wilayah (RKW) 06 Ponorogo, Nyomo, Minggu (20/10/2019).

Dan hasilnya, lanjut Nyomo, belum ada jejak atau tanda-tanda adanya hewan yang diduga macan tersebut, seperti yang dilihat warga setempat. Sehingga menurutnya, untuk sementara masih aman.

Baca juga:  

Di luar pengecekan, Nyomo menyebut bola dari informasi mantri hutan di wilayah Balong, sebenarnya yang dilihat warga bukanlah macan tutul, melainkan hanya macan rembah atau kucing hutan. Sebab, ada warga lain yang melihat tiga ekor anak kucing hutan berada di Hutan Krebet, Desa Krebet, Kecamatan Jambon.

"Ada warga yang lihat kucing hutan, jadi kita konfirmasi itu dulu," jelasnya.

Apalagi, lanjutnya, tiga bulan lalu, BKSDA telah memasang kamera trap di Hutan Cagar Alam Sigogor dan hingga saat ini kamera itu belum merekam aktivitas macan tutul.

"Hanya ada babi hutan, kijang, landak dan monyet. Kalau macan tutul tidak ada," tegasnya.

Sementara terkait foto macan yang beredar di media sosial, Nyomo juga membantah. Foto itu juga disebut kepolisian dan perangkat desa setempat, sebagai foto hoaks.

Sebelumnya, warga setempat mengkau melihat hewan sebesar kambing dewasa menyerupai macan, sedang berjalan santai di kebun jagung, sekitar pukul 09.00, Senin (14/10/2019). Warga juga mengaku sempat melihat hewan itu berjalan di belakang rumahnya pada Selasa (15/10/2019) sore.


jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter