jatimnow.com
Meriahnya Peringatan Hari Sumpah Pemuda di Wisata Sontoh Laut Surabaya

Semua peserta membentangkan bendera merah putih sepanjang 1000 meter dalam peringatan Hari Sumpah Pemuda di Wisata Sontoh Laut, Surabaya

jatimnow.com - Rangkaian acara peringatan Hari Sumpah Pemuda, berlangsung di sejumlah titik di Surabaya. Salah satu acara digelar warga di Kecamatan Asemrowo, di destinasi wisata Sontoh Laut, Minggu (27/10/2019).

Sejak pagi, warga memadati kawasan wisata laut itu. Di lokasi, dimeriahkan berbagai macam kesenian dan hiburan serta bazar UMKM. Warga menyerbu berbagai produk UMKM, mulai dari makanan dan minuman dan produk lainnya.

Puncak acara yaitu pelaksanaan Ikrar Sumpah Pemuda di Tambat Labuh Sontoh Laut yang diikuti para pelajar berpakaian adat. Acara semakin meriah ketika para pelajar dan warga serta sejumlah personel Polres Pelabuhan Tanjung Perak membentangkan bendera merah putih sepanjang 1000 meter dengan lebar 12 meter, dengan iringan berbagai lagu kebangsaan.

Camat Asemrowo Bambang Udi Ukoro mengatakan, acara itu dikemas untuk menumbuhkan semangat Sumpah Pemuda sekaligus mempromosikan destinasi wisata Sontoh Laut. Sebab, destinasi wisata itu merupakan kearifan lokal yang harus diperkenalkan kepada masyarakat umum.

Tarian tradisional juga digelar dalam peringatan Hari Sumpah Pemuda di Wisata Sontoh Laut, SurabayaTarian tradisional juga digelar dalam peringatan Hari Sumpah Pemuda di Wisata Sontoh Laut, Surabaya

"Jadi, dengan semangat sumpah pemuda ini, kita ingin membangkitkan pengembangan destinasi wisata Sontoh Laut dengan kearifan lokalnya," terang Bambang.

Menurutnya, Sontoh Laut sudah menjadi destinasi wisata yang sangat layak dikunjungi. Destinasi ini terdapat beberapa keistimewaan, seperti keindahan alamnya, ditambah pemandangan matahari terbit dan terbenam.

"Di kawasan mangrove ini juga terdapat puluhan ribu burung yang terdiri dari berbagai spesies," jelasnya.

Selain itu, wisata ini juga dilengkapi wisata air seperti perahu, wisata sepeda air dan juga ski lot yang merupakan papan luncur dan biasanya dipakai oleh para nelayan untuk mencari kerang atau rajungan. Bahkan ke depan, area wisata itu juga akan dibangunkan gazebo di tengah laut, sehingga bisa jadi spot foto atau pemancingan.

Bambang menambahkan, peringatan Hari Sumpah Pemuda ini merupakan acara yang kedua yang digelar di wisata tersebut. Acara yang pertama adalah pengibaran bendera merah putih di tengah laut yang ternyata juga banyak mendapatkan apresiasi.

Para pelajar berpakaian adat melakukan Ikrak Sumpah Pemuda di Wisata Sontoh Laut, SurabayaPara pelajar berpakaian adat melakukan Ikrak Sumpah Pemuda di Wisata Sontoh Laut, Surabaya

"Semoga acara-acara semacam ini terus digelar untuk menarik wisatawan berkunjung ke sini," harapnya.

Sementara itu, Kapolres Pelabuhan Tanjung Perak AKBP Antonius Agus Rahmanto mengaku siap mendukung dan membantu berbagai kebutuhan yang diperlukan ke depannya. Ia memastikan, dari sisi keamanan, wilayah Sontoh Laut itu tidak ada yang perlu dikhawatirkan.

Loading...

"Ini sangat bagus untuk dikembangkan menjadi destinasi wisata, tentunya kami dari Polres Pelabuhan Tanjung Perak siap mendukung dan membantu ke depannya," tegas Agus.

Agus bahkan berjanji akan menyumbangkan dana pribadinya untuk pembangunan gazebo di tengah laut.

"Sebenarnya itu hanya pancingan awal. Pengusaha di sini sangat banyak sekali, pengusaha-pengusaha kita bawa ke sini, kalau semakin berkembang, kita berharap ada CSR yang masuk ke sini, tentunya untuk kepentingan kita bersama. Mari kita bersama-sama membangun wisata Sontoh Laut ini," tandasnya.

Berita Terkait