Segudang Manfaat Buah Alpukat untuk Diet

Editor: REPUBLIKA.co.id / Reporter: REPUBLIKA.co.id

Alpukat (Foto: Republika/Rakhmawaty La'lang)

jatimnow.com - Saat diet, menambah asupan buah dan sayur sangat dianjurkan agar tubuh dapat ternutrisi dengan baik. Alpukat adalah salah satu buah yang sangat baik dikonsumsi selama Anda menjalani program diet.

Alpukat memiliki banyak kandungan vitamin A, B, C, D, E dan K, zat besi, magnesium, kalium, serat hingga protein seperti beta-sitosterol, glutathione-lutein dan masih banyak lagi lainnya.

Alpukat cenderung terasa hambar, baiknya sebisa mungkin Anda jangan menambahkan gula atau susu kental manis, karena keduanya mengandung gula yang dapat merusak diet Anda. Konsumsi alpukat dalam bentuk jus atau langsung dimakan, bila dikonsumsi secara rutin tentu akan memberi khasiat yang maksimal.

Seperti apa manfaat yang luar biasa dari alpukat untuk diet? Simak rangkumannya.

Menurunkan berat badan
Alpukat mengandung banyak lemak nabati yang baik dikonsumsi dan menguntungkan bagi kesehatan. Lemak baik itu berfungsi untuk meminimalisir kolesterol jahat di dalam tubuh yang menyebabkan penyakit jantung. Disamping itu, alpukat juga mengandung senyawa fitonutrien yang mampu melunturkan lemak, hingga berat badan pun lebih cepat turun.

Memiliki lemak sehat
Alpukat disebut sebagai buah yang aman dikonsumsi saat diet. Meski penelitian mengungkap bahwa lemak dalam alpukat sangat banyak, namun lemak tersebut baik untuk kesehatan tubuh. Peneliti juga telah menjelaskan bahwa lemak yang terkandung di dalam alpukat justru sangat penting dan bisa membantu meningkatkan kesehatan saat diet.

Kaya serat
Manfaat alpukat untuk diet lainnya adalah memberi banyak serat. Serat dalam buah alpukat ini mampu menjaga saluran pencernaan, sehingga Anda terbebas dari masalah sulit BAB saat sedang diet. Dengan begitu, berat badan pun lebih mudah menyusut.

Mengurangi keinginan untuk mengemil
Penelitian juga menunjukkan setengah buah alpukat yang dikonsumsi sebagai menu makan siang terbukti ampuh mengenyangkan sekaligus meminimalisir keinginan untuk mengemil.

Dari hasil studi tersebut, diketahui bahwa subjek penelitian yang mengonsumsi setengah buah alpukat segar saat makan siang, mengalami penurunan keinginan mengemil hingga 40 persen selama tiga jam setelah makan. Dengan demikian, manfaat alpukat untuk diet ini sangat efektif memberi hasil terbaik untuk berat badan impian Anda.

 

Lihat Artikel Asli

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama jatimnow.com dengan Republika.co.id. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Republika.co.id

Loading...

jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter