Pasar Induk PIOS, Sudahkah Anda Tahu?

Editor: Narendra Bakrie / Reporter: Sahlul Fahmi

Aktivitas pedagang di PIOS (Foto-foto: Sahlul Fahmi/jatimnow.com)

jatimnow.com - Pasar Induk Osowilangon Surabaya (PIOS) merupakan pasar induk sayur dan buah yang terletak Tambak Osowilangon, Benowo, Surabaya. PIOS sudah mulai beroperasi pada pertengahan 2010.

PIOS merupakan pasar induk sayur dan buah ketiga yang dikembangkan oleh Pasar Komoditi Nasional (Paskomnas) Indonesia, yaitu sebuah grup perusahaan yang bergerak di bidang pengembangan jaringan pasar induk. Paskomnas lebih dulu mengembangkan Pasar Induk Tanah Tinggi Tangerang dan Pasar Induk Jaka Baring Palembang.

General Manajer PIOS Rahayu Trisila mengatakan, konsep didirikannya PIOS yaitu untuk mengembangkan jalur distribusi nasional komoditi pangan yang berkesinambungan dari sentra produksi hingga pusat distribusi.

Aktivitas bongkar muat buah di PIOS Aktivitas bongkar muat buah di PIOS

"Saat ini Paskomnas masih mengembangkan tiga pasar induk yang terintregasi, yakni Pasar Induk Tanah Tinggi Tangerang, Pasar Induk Jaka Baring Palembang dan Pasar Induk Osowilangon Surabaya. Nantinya, tidak menutup kemungkinan Paskomnas akan mengembangkan lagi pasar induk di kota lain," jelas Trisila, Senin (2/12/2019).

Sejauh ini PIOS yang mampu menampung 15 ribu orang tersebut mendapatkan pasokan sayur dan buah dari wilayah Jawa Timur sebesar 60 persen serta wilayah Jawa Tengah 25 persen. Sisanya berasal dari wilayah Sumatera, Bali dan Sumba dengan kapasitas perdagangan mencapai 3000 ribu ton setiap hari.

"Karena PIOS ini merupakan jenis pasar grosir, maka aktivitasnya lebih hidup pada sore hari. Biasanya untuk aktivitas bongkar muat buah, ramainya mulai dari jam 18.00 Wib sampai jam 24.00 Wib. Kemudian untuk sayur mayur, ramainya mulai jam 02.00 Wib sampai pagi," sambung Sarijo, salah satu petugas PIOS.

Aktivitas pedagang di PIOS Aktivitas pedagang di PIOS

PIOS juga memudahkan distribusi sayur dan buah yang berasal dari berbagai wilayah di Jawa Timur dan Jawa Tengah. Sebab lokasinya tidak jauh dari pintu Tol Romokalisari. PIOS bahkan berada di seberang Terminal Tambak Osowilangun.

Sedangkan untuk jalur distribusi dari PIOS ke luar Pulau Jawa, terutama ke wilayah Kalimantan dan Sulawesi, sangat terbantu dengan keberadaan Pelabuhan Teluk Lamong yang hanya berjarak 300 meter di sebelah timur PIOS.

 

Berita ini kerjasama antara PIOS dengan jatimnow.com


jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter