Buat Miras Oplosan, Lulusan SMP di Tulungagung ini Dicokok

Editor: Sandhi Nurhartanto / Reporter: Bramanta Pamungkas

Pelaku pembuat miras oplosan yang ditangkap Polres Tulungagung

jatimnow.com - Dimas Subangun Prasetyo (23), seorang pembuat minuman keras (miras) oplosan ditangkap Satreskoba Polres Tulungagung.

Dari penangkapan warga Desa Kepuh, Kecamatan Boyolangu, Kabupaten Tulungagung ini, polisi mengamankan ratusan liter minuman keras oplosan siap jual, yang sudah dikemas dalam botol bekas air mineral.

Kapolres Tulungagung, AKBP Eva Guna Pandia mengatakan penangkapan terhadap tersangka lulusan SMP ini berawal dari laporan masyarakat.

Dari hasil pemeriksaan polisi, tersangka diketahui menggunakan alkohol murni sebagai bahan utama pembuatan miras oplosan. Setiap 1 liter alkohol dicampur dengan 3 liter air putih.

Pelaku kemudian mengemasnya ke dalam botol bekas air mineral berukuran 1,5 liter dan setiap botol dijual dengan harga Rp 50 ribu.

"Dari jumlah tersebut tersangka mengaku mendapat keuntungan sebesar Rp 30 ribu per botolnya," ujarnya.

Tersangka juga mengaku tidak mempunyai keahlian khusus dalam meracik miras ini. Dia hanya menggunakan perkiraan takaran sehingga sangat membahayakan jika dikonsumsi.

Tersangka memperoleh ilmu takaran ini dari istrinya yang saat ini bekerja di luar negeri.

"Tersangka mengaku membuat miras oplosan ini sejak 6 bulan lalu dan dijual ke teman temannya," ujarnya.

Akibat perbuatannya ini tersangka dijerat dengan pasal 204 KUHP, dengan ancaman hukuman penjara selama 15 tahun.


jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter