Siswa SLB dan Paud Tanam Pohon di Hari Disabilitas Internasional

Editor: Sandhi Nurhartanto / Reporter: Moch Rois

Siswa SLB Negeri Pandaan diajak tanam pohon

jatimnow.com - Puluhan siswa dari Sekolah Luar Biasa Negeri (SLBN) Pandaan dan siswa Paud Karangjati melakukan penanaman pohon di Taman Keanekaragaman Hayati, Blok Sapen lereng Gunung Arjuno-Welirang yang berada di Kelurahan Ledug, Kecamatan Prigen, Kabupaten Pasuruan.

Kegiatan yang bertemakan 'Harmonisasi Merawat Bumi' ini digelar sekaligus peringati Hari Disabilitas Internasional.

"Kami sangat mengapresiasi kegiatan ini. Apalagi kegiatan ini merupakan pengalaman baru bagi siswa kami. Mereka sangat senang karena diajak praktik langsung cara menanam pohon," kata Nur Sugik, Guru SLBN Pandaan, Selasa (3/12/2019).

Selama kegiatan berlangsung, anggota Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) dan Pegiat Lingkungan mampu membuat para siswa bergerak aktif.

Para siswa diajari cara membuka polybag hingga menanam sendiri pohon tersebut.

Ketua Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) Ledug, Kasiman mengatakan bahwa lestarinya daerah hulu akan membawa manfaat air untuk daerah tengah dan hilir Pasuruan.

Oleh karenanya, menjaga kelestarian hulu yakni hutan adalah tugas semua masyarakat. Salah satunya yakni mengajak anak-anak usia dini untuk mau menanam pohon.

"Kami tidak mungkin bergerak sendiri. Saya berharap mereka akan menjadi duta lestari. Setidaknya untuk keluarga dan sekolahnya. Pemahaman sejak dini perlu ditanamkan," katanya.

"Kami mengajak difabel SLBN Pandaan dan anak-anak PAUD Karangjati agar semakin banyak pihak ikut terlibat dan tidak ada batasan untuk ambil peran mengembalikan kelestarian lereng Arjuno," imbuhnya.


jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter