Derby Manchester, MU Tumbangkan City 2-1

Editor: REPUBLIKA.co.id / Reporter: REPUBLIKA.co.id

Penyerang Manchester United (MU) Marcus Rashford (Foto: AP Photo/Rui Vieira)

jatimnow.com - Manchester United (MU) menumbangkan Manchester City saat kedua tim berhadapan dalam laga derby Manchester di Stadion Etihad.

MU menaklukkan City 2-1 pada laga pekan ke-16 Liga Inggris, Minggu (8/12/2019) dini hari.

Marcus Rashford membawa MU memimpin pada menit ke-23 lewat sepakan penalti. Anthony Martial memperbesar keunggulan Setan Merah pada menit ke-29. City hanya bisa membalas lewat Nicolas Otamendi lima menit jelang waktu normal berakhir.

Dengan hasil ini, MU naik ke posisi lima dengan nilai 24. MU menggeser Tottenham Hotspur ke posisi enam. Sementara City bertahan di peringkat enam dengan nilai 32.

Jalannya laga

City yang langsung menekan lini pertahanan MU sejak kick-off justru dikejutkan tamunya. Setelah percobaan pertama City tak menghasilkan ancaman berarti, MU mendapatkan peluang emas pertama saat laga baru berlangsung dua menit.

Daniel James melepaskan tendangan keras saat menerima operan Fred. Namun, tendangan James masih dapat diamankan oleh kiper City Ederson Moraes.

Sejurus kemudian City melancarkan serangan balik dengan cepat. Namun, percobaan Kevin de Bruyne untuk melepaskan umpan ke kotak penalti tertahan.

Bola keluar meninggalkan lapangan pertandingan. Pada menit ketujuh, City kembali memberikan ancaman ke gawang United. Namun, tendangan David Silva masih melebar.

MU fokus bertahan dan memanfaatkan serangan balik, sementara City berusaha memaksimalkan penguasaan bola.

Pada menit ke-13 City mencoba menembus gawang MU lewat Gabriel Jesus tapi tendangan lebih dulu diblok sebelum sampai ke gawang David De Gea.

Kedua tim secara bergantian saling jual-beli serangan. Pada menit ke-16 Anthony Martial mendapat peluang emas saat menerima umpan dari James. Namun, tendangan Martial yang mengarah ke sisi bawah gawang berhasil diamankan.

Pada menit ke-19, giliran Jesus yang memberikan ancaman ke gawang United saat menerima umpam dari Kevin de Bruyne. Namun tendangan kaki kanannya lagi-lagi bisa ditahan pertahanan rapat MU.

Pada menit ke-20 United mendapat hadiah penalti setelah wasit melihat rekaman VAR atas pelanggaran yang dilakukan oleh Bernardo Silva kepada Rashford di kotak 16. Badan Silva menahan laju Rashford yang berakselerasi di kotak penalti City.

Rashford yang bertindak sebagai eksekutor menyelesaikan tugasnya dengan baik. Ia mengarahkan bola ke kanan, mengecoh Ederson yang melompat ke arah berbeda.

Penyerang Manchester United (MU) Marcus Rashford (kiri) dijatuhkan Bernardo Silva di kotak penalti Manchester City. 

City merespons dengan menaikkan tempo dan melancarkan serangan ke lini pertahanan United. Percobaan dilakukan Bernardo Silva dengan tembakan kaki kanan saat mendapat ruang di kotak 16.

Namun, percobaan tersebut berhasil diblokir. Selanjutnya, peluang juga didapatkan Raheem Sterling, namun masih dapat digagalkan.

Serangan City meninggalkan lobang yang bisa diekploitasi MU dengan serangan balik. Dua kali peluang emas didapatkan Rashford.

Pada menit ke-25, Rashford yang menerima operan Martial melepaskan tendangan first time, tapi bola sepakannya melebar ke sisi gawang.

Dua menit kemudian, kembali lewat serangan balik, percobaan Rashford kali ini masih membentur mistar gawang.

United akhirnya berhasil memperlebar kedudukan pada menit ke-29 melalui gol yang diciptakan Martial. Tembakan Martial dari sisi kiri kitak penalti City mengarah ke sudut bawah tiang dekat tak bisa dijangkau oleh Ederson. MU 2, City 0.

Setelah kebobolan dua gol, permainan City justru membaik. Serangan City lebih tertata dan pertahanan mereka bisa menutup alur bola lawannya.

Beberapa peluang berhasil diciptakan the Citizens. Menit ke-33, Bernardo Silva melesatkan tendangan dengan kaki kiri saat menerima umpan dari Bruyne.

Namun, masih bisa diblok pertahanan MU. Selanjutnya, David Silva melesatkan tendangan dari luar kotak 16. Namun kembali bola berhasil diamankan.

Pada menit ke-38 Gabriel Jesus menyelesaikan umpan dari Bruyne dengan tandukan, namun masih belum menemui sasaran.

Gagal pada percobaan tersebut, Kevin de Bruyne melepaskan tendangan jarak jauh pada menit ke-40. Namun, tendangan dari luar kotak 16 itu masih belum melebar di atas mistar gawang de Gea.

Memasuki injury time babak pertama, City sempat meminta penalti saat operan Kyle Walker di sisi kiri pertahan MU tertahan oleh tangan Fred di kotak penalti. Tapi wasit Anthony Taylor mengabaikan permintaan penalti dari para pemain City. Babak pertama pun berakhir dengan skor 2-0 bagi United.

The Citizens menggebrak pada menit ke-47, namun tendangan Angelino masih belum menemui sasaran. Selanjutnya pada menit ke-55 percobaan Bruyne di tengah kotak penalti berhasil ditahan pemain MU.

Ancaman terus diberikan City ke gawang United. Pada menit ke-64 City kembali mendapat peluang emas saat Rodrigo melesatkan tendangan dari luar kotak 16. Namun, percobaan tersebut berhasil ditahan De Gea.

Semenit berselang, giliran Raheem Sterling yang melepaskan tembakan saat melakukan penetrasi dari sisi kiri kotak 16. Namun, lagi-lagi percobaan tersebut tertahan.

Bek Manchester United (MU) Luke Shaw (kanan) berusaha menahan tendangan winger Manchester City Rahem Sterling.

Sementara itu, United mendapat peluang emas di menit ke-66 saat Jesse Lingard melesatkan tendangan dari sudut sulit saat menerima umpan dari Daniel James. Namun, upaya tersebut gagal.

City kembali mendapat peluang emas di menit ke-73. Namun tandukan Nicolas di depan gawang saat menerima umpan dari tendangan sudut masih belum menemui sasaran.

Pada menit ke-76 percobaan Angelino saat menerima umpan dari David Silva di sebelah kiri kotak 16 juga ditahan.

Peluang juga didapatkan United pada menit ke-83 ketika Jesse Lingard melesatkan tendangan dari tengah kotak 16 saat melanjutkan unpan dari Andreas Pereira. Namun, upaya tendangan kaki kiri Lingard berhasil digagalkan oleh Ederson.

City akhirnya berhasil mempekecil ketertinggalan pada menit ke-85 melalui gol yang diciptakan Nicolas Otamendi.

Tandukan Otamendi saat menerima umpan tendangan sudut yang dilesatkan Riyad Mahrez berhasil menggetarkan gawang De Gea.

Gelombang serangan terus dilancarkan oleh City ke lini pertahanan United. Beberapa peluang emas berhasil diciptakan oleh Raheem Sterling.

Namun, tidak ada gol tambahan yang berhasil diciptakan hingga peluit panjang tanda pertandingan berakhir ditiup oleh wasit Anthony Taylor.

 

Lihat Artikel Asli

DisclaimerBerita ini merupakan kerja sama jatimnow.com dengan Republika.co.id. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Republika.co.id

Loading...

jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter