Antisipasi Tahanan Kabur, Kapolres Trenggalek Gelar Sidak

Editor: Narendra Bakrie / Reporter: Bramanta Pamungkas

Kapolres Trenggalek AKBP Jean Calvijn Simanjuntak mengecek kesiasiagaan personel jaga ruang tahanan

jatimnow.com - Kapolres Trenggalek AKBP Jean Calvijn Simanjuntak menggelar sidak ke ruang tahanan mapolres, Senin (9/12/2019). Sidak itu dilakukan untuk mengecek pengamanan dan kondisi ruang tahanan mengantisipasi tahanan kabur.

Selain itu, sidak dilakukan untuk melihat sejauh mana kesigapan dan kesiapsiagaan anggotanya dalam menjalankan melakukan pengamanan tahanan sesuai dengan SOP yang berlaku.

Didampingi Wakapolres Kompol Wiji Rahayu, Kasipropam Iptu Kasmari dan Kasat Tahti Ipda Munif, Calvijn memeriksa satu persatu ruang penjagaan dan tahanan. Menurutnya, banyak peristiwa tahanan kabur yang berawal dari kelengahan petugas jaga yang kemudian dimanfaatkan para tahanan untuk lari dari ruang tahanan.

"Meskipun berstatus tahanan, tetapi harus diperlakukan humanis dan memperhatikan koridor HAM," ujar Calvijn.

Kapolres Trenggalek AKBP Jean Calvijn Simanjuntak memberikan pengarahan kepada para penghuni sel tahananKapolres Trenggalek AKBP Jean Calvijn Simanjuntak memberikan pengarahan kepada para penghuni sel tahanan

Alumnus AKPOL tahun 1999 ini juga mengecek ruang jaga tahanan serta fasilitas yang menyertainya. Pengecekan tahanan dimulai dari kondisi fisik tahanan, barang bawaan yang ada serta keamanan setiap ruang tahanan yang ditempati sebagai antisipasi perbuatan yang tidak diinginkan.

Calvijn meminta agar seluruh barang yang dinilai dapat membahayakan dikeluarkan dari ruang tahanan. Selain itu, Calvijn juga memeriksa kelengkapan administrasi penyidikan terkait masa tahanan, CCTV pengawas hingga kebersihan.

Ia meminta agar setiap petugas jaga benar-benar melaksanakan tugasnya sesuai dengan SOP. Dalam kesempatan tersebut, ia juga meminta agar para tahanan memperbanyak ibadah dan merenungi perbuatan yang sudah dilakukan agar bisa mengambil makna dan menjadi manusia yang lebih baik.

"Setiap harinya ada tiga personel yang mengawasi tahanan. Satu dari Sattahti terkait dengan adimisntrasi dan dua orang dari Satsabhara," tambahnya.

Loading...

jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter