Bantu Petani di Lamongan, PWI Gelar Aksi Gerebek Tikus

Editor: Sandhi Nurhartanto / Reporter: Sahlul Fahmi

Aksi gerebek tikus di Lamongan

jatimnow.com - Jelang Hari Pers Nasional (HPN) 2020, Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Lamongan menggelar acara Aksi Gerebek Tikus di Desa Paji, Kecamatan Pucuk, Lamongan, Selasa (10/12/2019).

Bekerjasama dengan Dinas Tanaman Pangan Holtikultura dan Perkebunan serta Kodim 0812 Lamongan, aksi ini bertujuan untuk membantu para petani Desa Paji memberantas hama tikus.

"Kami menyerap keluhan masyarakat bahwa hama tikus ini telah menjadi permasalahan yang serius di Kabupaten Lamongan. Dan kami berharap aksi ini bisa menjadi pemantik bagi petani lainnya untuk memerangi hama tikus," kata Bachtiar Febrianto, Ketua PWI.

Anton Sujarwo, yang mewakili Dinas Tanaman Pangan Holtikultura dan Perkebunan merespon positif acara ini dengan memberikan bantuan racun tikus kepada para petani Desa Paji.

"Tentu ini kegiatan yang bagus. Lamongan merupakan penghasil beras tertinggi di Jawa Timur. Karena itu jangan sampai hama tikus ini menjadi penghalang bagi produktivitas petani Lamongan," kata Anton.

Pada tahun 2018 dengan lahan teknis seluas 53 ribu hektar yang tersebar di Kecamatan Pucuk, Sugio, Modo, Kedungpring, Ngimbang, Mantub dan Sekaran, Lamongan mampu menghasilkan beras sebanyak 1.080 ribu ton.

Dari jumlah tersebut separuhnya didistribusikan oleh Kabupaten Lamongan untuk mensuplai kebutuhan beras di kabupaten-kabupaten lain di Jawa Timur.

Sedang untuk mendukung acara ini Kodim 0812 Lamongan mengerahkan 100 personil untuk membantu para petani menebar pakan yang telah diberi racun tikus di lubang-lubang disekitar lahan persawahan yang disinyalir sebagai sarang hewan pengerat ini.

"Ini adalah bentuk sinergi TNI dengan petani dan wartawan. Semoga aksi ini akan memberi dampak positif bagi masyarakat luas," ucap Kasdim 0812, Mayor Arh Gusti Putu Ardana.

Loading...

jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter