jatimnow.com
Trenggalek Raih Predikat Kinerja Terbaik Penyaluran Dana Desa

Pemberian penghargaan pada Pemkab Trenggalek yang diterima Bupati Nur Arifin

jatimnow.com - Pemerintah Kabupaten Trenggalek dinobatkan sebagai pemerintah daerah dengan predikat kinerja terbaik dalam penyaluran Dana Desa oleh Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Kediri.

Penghargaan tersebut diterima Bupati Trenggalek pada rapat koordinasi, evaluasi, dan penyusunan laporan pelaksanaan DAK Fisik dan Dana Desa tahun 2019 untuk percepatan penyaluran DAK Fisik dan Dana Desa tahun 2020 di aula KPPN Kediri, Rabu (18/12/2019).

Bupati Trenggalek, Mochamad Nur Arifin berterima kasih atas apresiasi yang diberikan kepada Pemkab Trenggalek.

Menurutnya meskipun mendapatkan predikat terbaik, namun yang dilakukan pemkab sendiri masih belum ideal. Masih ada beberapa hal yang bisa ditingkatkan lagi.

"Presiden Jokowi sekarang mendorong terus untuk evidence based budgeting, performance based budgeting and spending. Kita perlu mengikuti ritme beliau, salah satunya saya minta Bappeda untuk perencanaan dikawal lagi agar lebih baik lagi," ujarnya.

Untuk pencairan Dana Desa, Cak Ipin meminta kepada Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa untuk berkoordinasi dengan Bappedalitbang terkait dengan prioritas Nasional maupun Kabupaten.

Salah satu prioritas di Trenggalek sendiri saat ini adalah penanganan stunting. Dana Desa sendiri diharapkan bias membantu program penanganan stunting di setiap desa.

"Apa saja mandatory yang harus dilakukan oleh desa termasuk konvergensi stunting, meskipun kita terbaik konvergensi stunting menurut versi Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur, tetapi jangan hanya berhenti di level kabupaten, di desa juga harus seperti itu," jelasnya.

Bupati Nur Arifin menambahkan angka stunting di Trenggalek sendiri relatif terus mengalami penurunan. Sejumlah program dinilai berhasil menurunkan angka stunting tersebut. Ia berharap pihak pemerintah desa juga ikut dalam rangka menurunkan angka stunting.

Loading...

"Insya Allah sudah turun 50 persen, semoga KPPN juga memantau hal itu. Jadi kita coba lakukan yang terbaik untuk Indonesia lebih baik seperti cita-cita Presiden, SDM-nya unggul Indonesia maju," pungkasnya.

Berita Terkait