jatimnow.com
Dua Situs Diduga Peninggalan Kerajaan Kediri Ditemukan di Jombang

Dua struktur batu bata kuno ditemukan di Jombang

jatimnow.com - Dua struktur batu bata kuno ditemukan di Dusun Krembang dan Dusun Mlaten di Desa Rejoagung, Kecamatan Ngoro, Kabupaten Jombang.

Bangunan terstruktur di Dusun Krembang ditemukan di sawah tanaman tebu. Bangunan itu terdapat 10 susunan bata kuno dengan panjang 3,5 meter dan lebar 2,5 meter.

Sementara struktur bangunan kuno di Dusun Mlaten berada di bekas tempat tambang pasir. Bangunan itu memiliki panjang sekitar 10 dengan susunan 2 batu bata kuno.

Arkeolog BPCB (Balai Pelestarian Cagar Budaya) Jatim, Wicaksono Dwi Nugroho menjelaskan dari hasil observasi awal, ukuran bata yang ada di dua lokasi bangunan terstruktur tersebut mempunyai ukuran atau dimensi yang sama dengan panjang 35 sentimeter, lebar 20 sentimeter dan tebal 8 sentimeter.

"Kalau melihat ketebalan bata, kemungkinan peninggalan masa Kediri atau sebelum Majapahit," kata Wicaksono saat dihubungi, Kamis (19/12/2019).

Ia menambahkan, bangunan kuno yang berada di Dusun Krembang mirip dengan Batur atau mandapa yang digunakan untuk tempat peribadatan. Sedangkan struktur bangunan identik dengan bangunan pemukiman bangsawan saat jaman kerajaan.

"Yang di Mlaten diduga bangunan untuk hunian bangsawan. Karena di lokasi ditemukan juga umpak batu berukir," ujarnya.

Penemuan dua situs ini merupakan temuan yang menarik karena lokasinya tidak jauh dari Candi Surowono, Pare, Kabupaten Kediri yang hanya berjarak 7 kilometer.

"Kami akan tindaklanjuti penemuan ini guna pastikan bentuk bangunan dan pada masa apa dibangun," pungkasnya.

Loading...

Berita Terkait