Naik Motor, Forkopimda Jatim Pantau Pengamanan Natal di Surabaya

Forkopimda Jatim berkeliling ke gereja-gereja di Surabaya

jatimnow.com - Memastikan keamanan ibadah Natal dan keamanan perayaan tahun baru, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Jatim dengan menaiki motor berkeliling ke beberapa gereja-gereja di Surabaya, Senin (23/12/2019).

Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa dengan mengenakan rompi hijau dan replika helm Densus Airsoft menaiki motor matic putih. Sedangkan Kapolda Jatim, Irjen Pol Luki Hermawan dan Pangdam V Brawijaya, Mayjend TNI Wisnoe Prasetja Boedi naik motor trail.

Rombongan datang ke Gereja Kristen Indonesia (GKI) di Jalan Ngagel Jaya Utara sekitar pukul 09.48 Wib. Setibanya rombongan itu langsung disambut pengurus gereja, Pendeta Wahyu Pramudya dan Pendeta Florida Rambu.

Sebelumnya rombongan juga mengunjungi Gereja Katolik Gembala Yang Baik di Jalan Jemur Andayani Surabaya.

Pendeta Wahyu mengaku tersanjung atas kehadiran Forkopimda di GKI karena kondisi masih tahap renovasi.

Menurutnya, kunjungan tersebut memperlihatkan Forkopimda peduli terhadap keamanan saat perayaan Natal.

"Selamat datang Ibu Gubernur, Bapak Kapolda dan Bapak Pangdam di gereja kami. Kami bersyukur ini meneguhkan kami untuk membangun kebersamaan yang terus kami upayakan di gereja ini. Kami berharap kunjungan ini dapat menjadi pengikat komitmen keharmonisan dan kerukunan masyarakat Jatim," kata Pendeta Wahyu.

Para rombongan diajak untuk melihat lokasi yang nantinya akan digunakan sebagai ibadah pada Hari Raya Natal.

Para pimpinan daerah tersebut juga mendapatkan cenderamata mata berupa kain tenun khas Indonesia.

"Semua tamu kehormatan yang berkunjung ke gereja selalu mendapatkan cenderamata mata yang khas dari Indonesia yakni berupa kain tenun semoga berkenan. Tidak lupa selama beribadah kami juga selalu mendoakan para pimpinan daerah yang saa ini telah dipilih Tuhan untuk melayani masyarakat agar selalu diberikan kesehatan dan kelancaran," ucap Pendeta Pendeta Florida Rambu.

Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa mengatakan pihaknya merasa tersanjung dengan sambutan dan komitmen pihak gereja dalam menggalang kerukunan dan keharmonisan.

"Kita ingin buktikan bahwa masyarakat Jatim mampu memberikan dan menunjukkan keharmonisan di tengah masyarakat," kata Khofifah.

Ia menegaskan, selama prosesi misa Natal di seluruh gereja di Jatim pihak Forkopimda Jatim akan terjamin tetap aman.

"Kami telah berkoordinasi bahwa pengamanan Misa Natal akan dipastikan aman dan berjalan dengan baik," tandas Mantan Menteri Sosial Republik Indonesia itu.

Senada, Kapolda Jatim Irjen Pol Luki Hermawan mengatakan pihak Forkopimda mengecek kesiapan gereja dan pengamanannya hingga pelaksanaan Misa Natal tanggal 25 nanti.

"Dalam apel kemarin, TNI-Polri sepakat akan mengamankan seluruh kegiatan kebaktian. Dan juga kami didukung tokoh-tokoh agama untuk ikut mengamankan," katanya.

Loading...

Diharapkan, di penghujung tahun pelaksaan natal bisa berjalan dengan aman dan lancar.

"Dan kami berharap khusus yang merayakan Natal nanti betul-betul bisa tenang," tandasnya.

 

Berita Terkait