Polri Beberkan Angka Kecelakaan Jelang Nataru: Warning Bagi Pengendara

Editor: Narendra Bakrie / Reporter: Farizal Tito

Salah satu kecelakaan lalu lintas jelang nataru yang tewaskan 7 orang di Jalan Raya Surabaya-Malang, Pasuruan

jatimnow.com - Korlantas Polri sebagai komponen penting dalam Operasi Lilin Natal 2019 dan Tahun Baru 2020, mengingatkan para pengendara meningkatkan kewaspadaan dan berhati-hati di jalan.

Korlantas Polri merilis data kecelakaan lalu lintas menjelang libur nasional Natal 2019. Pada Minggu (22/12/2019), terjadi 47 kecelakaan lalu lintas yang berakibat 23 orang tewas, 60 orang luka berat dan 61 orang luka ringan. Kerugian materi akibat kecelakaan itu lebih dari Rp 100 juta.

"Hampir 50 persen dampak kecelakaan lalu lantas mengakibatkan saudara kita meninggal. Ini menjadi warning buat pengendara, bahwa dampak laka lantas yang terjadi cukup fatal hingga menghilangkan nyawa," jelas Karopenmas Divhumas Polri Brigjen Pol Argo Yuwono, Senin (23/12/2019).

Menurut Argo, dari 47 kasus kecelakaan lalu lintas tersebut, motor menjadi kendaraan yang mendominasi, yaitu sebanyak 52 unit. Selain itu terdapat 11 mobil pribadi, 6 bus, 19 mobil angkutan barang.

"Total kendaraan terdampak laka ada 104 unit kendaraan bermotor," jelas Argo.

Mantan Kabid Humas Polda Jatim dan Polda Metro Jaya itu menambahkan, untuk menekan jumlah kecelakaan dan fatalitas dampak kecelakaan, Korlantas Polri hingga ke Satuan Lantas (Satlantas) jajaran kewilayahan terus melakukan penindakan.

"Petugas menilang 3.315 pelanggaran dan memberi 3.509 teguran. Setidaknya dengan penegakan hukum terhadap pelanggaran lalu lintas, kita berharap dapat meminimalisir jumlah kecelakaan dan dampak fatalitasnya," beber Argo.

Argo mengimbau agar masyarakat terutama para pengendara meningkatkan kehati-hatian dalam berkendara saat melakukan silahturahmi dengan keluarga maupun berlibur dalam perayaan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020.

"Pengendara harus berhati-hati, kendaraan sehat dan lengkap surat dan mematuhi rambu dan perintah petugas selama di jalan. InsyaAllah liburan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 dapat dinikmati bersama keluarga dan orang-orang tercinta," tutup Argo.

Loading...

jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter