11 Desa di Kecamatan Benjeng dan Balongpanggang Gresik Terendam Banjir

Editor: Narendra Bakrie / Reporter: Sahlul Fahmi

Banjir juga merendam Kantor Koramil Benjeng, Gresik (Foto-foto: Sahlul Fahmi/jatimnow.com)

jatimnow.com - Akibat Sungai Kali Lamong meluap, sejumlah desa di Kecamatan Benjeng dan Balongpanggang, Kabupaten Gresik, terendam banjir, sejak dinihari, Rabu (1/1/2020).

Budi, salah seorang warga Desa Deliksumber, Kecamatan Benjeng mengatakan, air mulai menggenang di selokan dan jalan kampung depan rumahnya sejak pukul 2.30 Wib. Namun karena telah terbiasa dengan banjir, ia dan warga lainnya tidak terlalu panik.

"Paginya saya keluar rumah dan air sudah memenuhi jalan kampung," ujar Budi kepada jatimnow.com, Rabu (1/1/2020) sore.

Anak-anak bermain di air banjir yang menggenangi wilayah Kecamatan Benjeng, GresikAnak-anak bermain di air banjir yang menggenangi wilayah Kecamatan Benjeng, Gresik

Budi melanjutkan, pada siang hari, air di desanya mulai surut karena mengalir ke arah Morowudi. Namun air menggenangi Jalan Raya Benjeng-Balongpanggang, sehingga menimbulkan kemacetan.

"Para pengguna jalan jadi terganggu. Mereka tidak berani menepi karena arus airnya kuat. Selain itu banyak juga sepeda motor yang mogok karena mesinnya kena air," kata Zainul Abidin, salah satu anggota Banser Benjeng yang saat itu membantu pengguna jalan.

Bahkan, akibat luapan Sungai Kali Lamong itu, Kantor Kecamatan Benjeng dan Koramil Benjeng serta sejumlah rumah warga di tepi Jalan Raya Benjeng-Balongpanggang terendam air.

Kantor Kecamatan Benjeng juga terendam air banjirKantor Kecamatan Benjeng juga terendam air banjir

Sementara itu, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Gresik Tarso menyebut, saat ini beberapa desa di Kecamatan Balongpanggang yang tergenang air, sudah mulai surut.

Sepeti di Desa Wotansari ada lima rumah tergenang, kemudian Desa Banjaragung ada tujuh rumah. Daerah paling parah yaitu Desa Sekarputih yang tercatat 25 rumah tergenang air.

"Desa Pucung sedang dalam pendataan. Sejumlah desa di Balongpanggang saat ini mulai surut," tuturnya.

Untuk di Kecamatan Benjeng, BPBD juga masih melakukan pendataan. Untuk sementara, tercatat ada 6 desa yang tergenang air, mulai dari Desa Benjeng, Desa Sedapur Klagen, Desa Delik Sumber, Desa Kedung Rukem, Desa Munggugianti hingga Desa Lundo.

Loading...

jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow4@gmail.com

Newsletter