Polresta Banyuwangi Luncurkan Garda Blambangan, Bupati Anas: Keren

Editor: Narendra Bakrie / Reporter: Hafiluddin Ahmad

Peluncuran Garda Blambang Polresta Banyuwangi

jatimnow.com - Garda Blambangan Polresta Banyuwangi resmi dilaunching, Jumat (17/1/2020). Bupati Abdullah Azwar Anas menyebut bahwa inovasi itu sangat, apalagi peluncuran itu dilakukan di awal tahun.

"Ini adalah inovasi yang keren menurut saya dari Kapolresta Banyuwangi," kata Bupati Anas di halaman Satpas Prototipe Polresta Banyuwangi.

Pada saat bersamaan, Bupati Anas juga mengapresiasi dua inovasi lainnya yaitu Gerakan Kemanusiaan (Gema) Blambangan dan Gesah Bareng (Gebyar) Kapolresta Banyuwangi.

Menurut Bupati Anas, salah satu inovasi tersebut dapat disinergikan dengan program pemerintah kabupaten. Misalnya, Gema Blambangan disinergikan dengan Tim Pemburu Anak Putus Sekolah dan Tim Pemburu Kemiskinan.

"Saya kira sama dengan inovasi dari Polresta. Mudah-mudahan ini bisa jalan, cepat dan hasilnya akan terukur," tambahnya.

Sebab, program yang berkenaan dengan penanganan sosial ini harus bersinergi sesuai dengan visi misi presiden.

"Program ini pas di awal tahun, sehingga nanti bisa linked di tingkat desa melalui Musrenbangdes," imbuh Bupati Banyuwangi dua periode itu.

Sementara itu, Kapolresta Banyuwangi Kombes Pol Arman Asmara Syarifuddin menyebut, peluncuran tiga program ini bertema 'Polresta Banyuwangi Unggul' adalah menjawab dinamika yang berkait dengan kamtibmas hingga dinamika kriminal di Bumi Blambangan.

"Kita membuat tiga satuan penugasan yaitu Garda, Gema dan Gebyar Blambangan. Masing-masing mempunyai tujuan," ujar Arman.

Garda Blambangan merupakan unit reaksi dalam proaktif untuk mendekatkan diri dengan masyarakat terkait keamanan dan ketertiban ataupun tindakan kriminal yang terjadi.

Garda Blambangan ini terdiri dari tiga satuan fungsi operasional kepolisian yang membantu masyarakat 1X24 jam yaitu Tim Urai membantu kelancaran lalulintas, Tim Tangkal melakukan patroli dan kegiatan preventif kepolisian.

Sedangkan untuk Tim Sergap, melaksanakan fungsi represif kepolisian, melakukan penyelidikan erta mengungkap kasus kriminalitas.

"Garda Blambangan ini guna menurunkan kriminal, sehingga kegiatan masyarakat di bidang ekonomi dan investasi di Kabupaten Banyuwangi dapat terwujud dengan baik. Kami mendukung juga program dari Bapak Presiden," tambahnya.

Loading...

jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter