Puluhan Ekor Kambing di Pacitan Mati Terkoyak, Diterkam Hewan Buas?

Editor: Sandhi Nurhartanto / Reporter: Mita Kusuma

Kambing yang mati dengan luka di perut

jatimnow.com - Puluhan ekor kambing ditemukan mati di dua desa, yaitu Desa Katipugal dan Desa Klasem. Kedua desa ini berada di Kecamatan Kebonagung, Kabupaten Pacitan.

Kematian kambing-kambing piaraan tersebut dinilai janggal oleh para pemiliknya. Hewan-hewan tersebut ditemukan mati dengan kondisi luka terkoyak pada bagian leher dan perut.

"Dua ekor kambing saya, satu ditemukan mati dengan luka pada leher. Sedang satu lagi sekarat dan ada luka pada bagian perut," kata Gino salah satu peternak kambing Kamis (23/1/2020).

Ia menyebut, penyebab mati dan lukanya kambing piaraannya tersebut tidak diketahui karena jarak rumah dan kandang kambing miliknya itu jauh.

Dirinya mengaku jika pada malam harinya, ia mendengar kambingnya mengeluarkan suara.

"Biasanya kambing kalau malam tidak mengeluarkan suara. Tapi saya sendiri takut mau mengecek. Saat pagi, dari 5 kambing saya, satu ditemukan mati dan satu terluka hingga ususnya keluar," jelasnya.

Ia menyebut, kematian kambing piaran tersebut baru pertama kali ini terjadi di Desa Katipugal. Sebelumnya, peristiwa tersebut terjadi di tetangga desa yang berada di Desa Klasem.

"Kami sudah antisipasi kejadian dan kandang telah dipasang pagar keliling setinggi 2 meter. Ternyata tetap kambing-kambing mati dengan cara tak wajar," jelasnya.

Darsono, peternak lain yang berada di Desa Klasem mengatakan dirinya juga mengalami hal yang sama. Kambing peliharaannya tewas secara misterius.

Ia menduga kambing peliharaannya mati karena dimangsa hewan buas yang berasal dari dalam hutan. Namun dirinya tidak mengetahui hewan yang memangsa kambingnya tersebut.

"Ada bekas jejak kaki sebesar kepalan tangan," ujarnya.

 

Loading...

jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter