Aksi Para Wanita Menolak Tambang Emas Banyuwangi

Editor: Budi Sugiharto / Reporter:

foto: Istimewa

jatimnow.com - Aksi protes penolakan tambang emas Tumpangpitu, Banyuwangi digelar para wanita. Protes tersebut digelar tepat di pintu masuk area operasional tambang yang dikelola PT Bumi Suksesindo (BSI), Senin (30/4/2018).

Adanya aksi protes itu diunggah akun Instagram (IG) Satsabhara_banyuwangi, hari ini. Dua postingan berbeda namun dengan tema yang sama yakni perihal pengamanan unjukrasa. Dijelaskan aksi itu berlangsung pukul 16.00 Wib.

"Massa demo unjukrasa sedang berorasi di depan pintu masuk PT BSI yang mayoritas perempuan dalam rangka hari Kartini dan penolakan tambang. Dalmas dan srikandi Polwan Polres Banyuwangi dan Polsek jajaran berjaga-jaga di sekitar massa," demikian keterangan foto yang diunggah akun satsabhara_banyuwangi.

Dalam postingan selanjutnya disampaikan jika jumlah massa sekitar 25 orang. Dalam aksinya mereka juga memasang banner berbahasa Inggris yang berisikan penolakan terhadap pertambangan di kawasan Gunung Tumpangpitu.

"Stop Gold Mining Activiy AT Mount Tumpang Pitu Banyuwangii", demikian spanduk warna merah yang dibentangkan.

"Petugas Polri melaksanakan PAM terkait aksi tersebut antisipasi penyusupan masa lainnya yang dapat menimbulkan kekacauan. Kegiatan berjalan lancar aman dan terkendali. Para massa pun perlahan meninggalkan tempat," tulis akun tersebut.

Dari foto yang ada, memang nampak massa mayoritas adalah perempuan. Mereka terlihat mengenakan kaos yang sama bertuliskan penolakan terhadap tambang di Tumpangpitu.

Reporter: Irul Hamdani
Editor: Budi Sugiharto

 


jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter