jatimnow.com

Pilwali Surabaya 2020

Bupati Lumajang Sebut Machfud Arifin Paling Tepat Teruskan Risma

Editor : Narendra Bakrie Reporter : Jajeli Rois
Bupati Lumajang Thoriqul Haq bersama Machfud Arifin di Surabaya 🔍
Bupati Lumajang Thoriqul Haq bersama Machfud Arifin di Surabaya

jatimnow.com - Bupati Lumajang Thoriqul Haq atau Thoriq yakin bahwa Irjen Pol (Purn) Machfud Arifin menjadi sosok yang tepat untuk meneruskan Tri Rismaharini atau Risma sebagai Wali Kota Surabaya.

Machfud Arifin juga dinilainya cocok untuk menghadapi tantangan Surabaya ke depan, serta akan dapat menyejahterakan masyarakat Surabaya.

"Saya dulu memanggil beliau Jenderal Machfud Arifin. Tapi sekarang passion-nya karena ini sudah diminta masyarakat Surabaya, sekarang kita semua memanggilnya Cak Machfud Arifin," ungkap Bupati Thoriq saat bertemu Machfud Arifin di Surabaya, Jumat (31/1/2020).

Bupati dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini yakin bahwa Surabaya akan menjadi barometer nasional (Indonesia) jika berada di 'tangan' Machfud Arifin.

Loading...

"Saya yakin seyakinnya bahwa Surabaya ini harus jadi barometer nasional. Pengelolaan manajerial pelayanannya, menangani persoalan secara komprehensif tidak dipermukaan saja. Menyelesaikan problem kemiskinan yang sesungguhnya tidak hanya berdasarkan data saja, menyelesaikan bagaimana orang nyaman tinggal di Surabaya dengan seluruh potensi persoalannya," tuturnya.

Bupati Thoriq juga yakin bahwa dengan pengalaman Machfud Arifin selama ini, akan dapat menghadapi persoalan dengan mudah.

"Beberapa kali kapolda dan terakhir di Jawa Timur, menyelesaikan persoalan sebegitu rumitnya itu diselesaikan dengan benar, diselesaikan dengan secara komprehensif dan prestasinya betul-betul mengagumkan," papar Bupati Thoriq.

"Itu yang menjadi landasan dasar beliau akan mampu menyelesaikan persoalan di Surabaya dengan tuntas dan komprehensif. Karena kalau hanya berbicara tentang tata ruang, tentang manajemen perkotaan, hari ini saya kira tantangan di Surabaya tidak hanya itu," ujarnya.

Menurutnya, Machfud Arifin yang sudah purnatugas dari kepolisian dengan pangkat terakhir bintang dua, ketika dipercaya menjadi Wali Kota Surabaya, akan mampu mendetailkan persoalan dan menyelesaikan detailnya.

"Mendetailkan persoalan dan menyelesaikan detailnya juga. Karena kalau persoalan itu didetailkan, itu pasti menyelesaikannya juga detail," terangnya.

Mantan anggota DPRD Jatim ini menerangkan, saat ini masih ada banyak di beberapa daerah yang perlu dituntaskan tentang pemukiman yang kumuh, perlu dituntaskan tentang persoalan persoalan tepi sungai, dituntaskan oleh inovasi-inovasi digital, yang memang menjadi tantangan di dunia industri 4.0 seperti saat ini.

"Dan beliau punya karakter tentang itu. Kita kagum semua. Dan beliau profesional, begitu diberi tugas, amanah, bertanggungjawab dan berani melakukan langkah-langkah inovatif," ungkap Bupati Thoriq.

"Saya yakin Surabaya akan lebih maju lagi, lebih inovatif lagi, lebih luar biasa lagi menyelesaikan persoalan, menyejahterakan masyarakat Surabaya," sambungnya.

Meski yang dibicarakannya adalah Pemilihan Wali Kota (Pilwali) Surabaya 2020, Bupati Thoriq ini berjanji akan turun ke Surabaya untuk ikut membantu memenangkan Machfud Arifin sebagai Wali Kota Surabaya.

"Saya dukung, saya akan suport sekuat tenaga saya. Saya akan ikut turun di Kota Surabaya, saya akan kerahkan teman, jejaring saya untuk membantu Cak Machfud menjadi Wali Kota Surabaya," tegasnya.

Bupati Thoriq juga mengapresiasi kinerja Wali Kota Risma yang memberikan kemampuan kerjanya sesuai zamannya saat ini dan sudah menjadi realitas pembangunan yang ada di Surabaya.

"Cuman tantangan berikutya ini loh, ini kalau estafetnya (pengganti Risma) tidak benar, kalau langkah-langkahnya tidak berdasarkan tantangan yang akan datang, bisa mundur Surabaya ini," paparnya.

"Nah Cak Machfud ini, akan menyelesaikannya. Sekarang sudah baik, tapi tantangan ke depan dengan segala persoalan yang akan dihadapi, itu Cak Machfud Arifin, passionnya ada di situ," tambah Bupati Thoriq.

Ia mencontohkan ketika Machfud Arifin mendapatkan tugas di kepolisian, dapat menyelesaikan persoalan dan membuat inovasi yang di luar ekspektasi banyak orang.

"Lihat saja di banyak tempat ketika bertugas, pasti menyelesaikan hal-hal yang di luar ekspektasi orang," tegasnya.

"Lebih luar biasa lagi begitu banyak orang mungkin beranalisa kapolda begitu-begitu saja. Tapi lihat begitu (Machfud bertugas) di Jawa Timur, banyak perubahan luar biasa yang dilakukan. Artinya tantangan ke depan itulah yang harus dipikiran masyarakat Surabaya," bebernya.

Bupati Thoriq kembali menegaskan, semua tantangan yang ada di Surabaya ke depan, akan dapat diselesaikan oleh Machfud Arifin.

"Siapa yang bisa menyelesaikan tantangan itu, yaitu Cak Machfud Arifin," tandasnya.

Loading...