Jalan Raya Trawas-Pacet Mojokerto 'Terputus' Akibat Tebing Longsor

Editor: Narendra Bakrie / Reporter: Achmad Supriyadi

Petugas gabungan berupaya membersihkan material longsor di lokasi

jatimnow.com - Tebing setinggi 30 meter di Jalan Raya Trawas-Pacet tepatnya di Dusun Mligi, Desa Claket, Kecamatan Pacet, Kabupaten Mojokerto, longsor setelah diguyur hujan selama dua jam.

Kepala Desa Claket Umbar Mulyadi mengatakan, hujan deras yang mengguyur wilayah tersebut terjadi mulai pukul 13.00 hingga 15.00 Wib.

"Diperkirakan longsor tebing sekitar pukul 15.00 Wib. Tebing yang longsor diperkirakan setinggi 30 meter," kata Umbar di lokasi, Jumat (7/2/2020) malam.

Material longsor seperti batu, pasir dan pohon menutupi jalan dari Pacet menuju Trawas dan sebaliknya. Sejumlah kendaraan yang hendak menuju Trawas dialihkan sementara.

Hujan deras juga membuat Ponpes Amanatul Ummah teredamHujan deras juga membuat Ponpes Amanatul Ummah teredam

"Akses jalan kami alihkan, kebetulan ada jalan antar desa, jalan antara Desa Claket dan Desa Cempokolimo," jelas Umbar.

Pantauan jatimnow.com di lokasi, petugas gabungan dari Polri, TNI, BPBD, relawan dan warga mencoba membuka akses jalan dari material longsor dengan peralatan seadanya.

"Saya sudah melapor ke PU Bina Marga untuk meminta bantuan alat berat, kemungkinan alat berat itu datang besok pagi. Ketebalan longsor yang menutupi jalan sekitar 1,5 meter," bebernya.

Sementara itu, Kepala BPBD Kabupaten Mojokerto Muhammad Zaini menyebut, selain longsor di Jalan Trawas-Pacet, longsor juga terjadi di bantaran Kali Kromong, Pacet.

"Selain longsor menutup akses jalan di Dusun Mligi, longsor juga terjadi di Kali Kromong, Pacet. Tak hanya itu, hujan juga mengakibatkan air bah masuk ke halaman dan kelas Ponpes Amanatul Ummah. Besok akan dikerahkan alat berat lokasi longsor di Dusun Mligi," pungkasnya.

Loading...

jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter