Bayi Dibuang Ibunya, Penemu Sempat Mengira Suara Kambing

Editor: Budi Sugiharto / Reporter:

Lokasi penemuan bayi

jatimnow.com - Penemuan bayi imut berjenis kelamin perempuan membuat aparat Kepolisian Sektor Kalipuro, Banyuwangi mendata para ibu yang hamil di wilayahnya.

Langkah ini untuk memburu sang ibu yang tega membuat darah dagingnya tersebut.

Polisi mendatangi lokasi dan menggelar olah tempat kejadian perkara di Dusun Bulupayung, Desa Bulusari, Kecamatan Kalipuro.

Kapolsek Kalipuro, AKP I Ketut Wijaya mengatakan, setelah mendapatkan informasi dari warga pihaknya bergerak menuju lokasi dan meminta keterangan dari M Ramawito atau Wito (30) yang menemukan pertama kali dan warga lainnya.

"Saksi pertama kali Ramawito menemukan bayi itu di depan rumahnya yang kemudian memanggil istrinya Siti Mubarokah menyelamatkan bayi itu," terang AKP Ketut Wijaya, Selasa (1/5/2018) malam.

Saksi lainnya, Kapolsek menjelaskan, atas nama Mat Juri (25) tetangga Ramawito yang mengetahui ada sepeda motor jenis matic yang berhenti. Mesinnya dimatikan sekitar 2-3 menit, kemudian pergi meninggalkan lokasi.

"Kata Mat Juri selanjutnya motor itu terdengar berjalan ke arah timur," ujarnya.

Kepolisian mengumpulkan data-data warga yang hamil.

"Kami juga mendata warga di wilayah ini yang dalam kondisi hamil 9 bulan," tegasnya.

Sementara itu, untuk memastikan kondisi kesehatan bayi tersebut maka dibawa ke RSUD Blambangan untuk mendapatkan perawatan intensif. Bayi itu memiliki berat 2,9 kg dan panjang tubuh 46 cm.

"Setelah dirawat oleh bidan, kita bawa bayi itu ke rumah sakit Blambangan untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut," paparnya.

Saat ditemukan pada subuh, pada tubuh bayi itu masih melekat tali pusarnya, terlihat ada bercak darah dan bercak cairan berwarna hijau kehitaman beralaskan karung plastik (sak putih).

Ramawito sempat mengira suara tangisan bayi itu sebagai suara kambing yang melahirkan. Dia pun memanggil istrinya.

"Dikira suara kambing tetangganya yang melahirkan. Setelah diperiksa kok ternyata bayi," ujar Suryani, warga setempat saat menengok sang bayi di rumah sakit.

Reporter: Hafiluddin Ahmad
Editor: Budi Sugiharto

jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter