Momen Hardiknas, Dispendik Jatim Terima Kado Pahit Nilai UNBK Jeblok

Editor: Arif Ardianto / Reporter: Farizal Tito

Acara rapat koordinasi penyerahan DKHUN jenjang SMA/SMK/MA Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur.

jatimnow.com - Bertepatan dengan hari Pendidikan Nasional (Hardiknas), Dinas Pendidikan (Dispendik) Provinsi Jawa Timur mendapatkan kado pahit.

Pasalnya dalam dua kali Pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di Jatim, nilai siswa tahun ajaran 2017/2018 cenderung merosot.

Berdasar data Daftar Kolektif Hasil Ujian Nasional (DKHUN) Dispendik, nilai ujian nasional (UN) SMK 2018 jeblok, karena sekitar 78 persen siswa mendapat nilai rata-rata 5,5. Jumlah ini lebih tinggi dibandingkan tahun lalu yang hanya 55 persen.

"Yang ada penurunan memang ada di SMK, nilai 5,5 nya yang tahun lalu itu 55 persen sekarang menjadi 78 persen dan itu banyak di Matematika," ungkap Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur Saiful Rahman, Rabu (2/5/2018).

Tidak pada dua jenjang saja, penurunan nilai juga dialami Madrasah Aliyah (MA) dengan kategori nilai yang sama malah hampir 100 persen.

"Kemenag yang paling parah 96 persen. Kondisinya seperti ini, artinya kita harus merubah sikap dan mencari jalan untuk merubah nilai yang cenderung jelek ini bisa berubah lebih baik," tuturnya.

Ia menambahkan, meski nilai ujian nasional tak lagi dipakai untuk penentu kelulusan, dan UNBK sebagai pengedepan intergritas, Saiful meminta agar mengedepankan nilai yang bagus juga.

"Terkait sekolah yang nilai siswanya rendah, terutama mapel IPA dan Matematika kami melakukan kebijakan dengan mencari alur permasalahan, melakukan bimbingan pengajar atau guru melibatkan praktisi atau dosen dari ITS dan Unair," urainya.

Ia menghimbau kepada tenaga pendidik baik guru dan kepala sekolah, tidak hanya menuntut kesejahteraan semata, namun juga harus memperhatikan pola pengajaran dengan tujuan mendapatkan nilai yang bagus.

"Hendaknya  para guru harus ikuti pola pelatihannya, terutama teman-teman guru Matematika dan IPA akan saya lihat semua dan akan saya datangkan dosen dari ITS dan Unair," pungkasnya.

Reporter: Fahrizal Tito
Editor: Arif Ardianto

jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter