Pilwali Surabaya 2020

Machfud Sapa Warga Batak: Wali Kota Surabaya Pertama Radjamin Nasution

Editor: Sandhi Nurhartanto / Reporter: Jajeli Rois

Irjen Pol (Purn) Machfud Arifin dan istri menyapa warga Batak di Surabaya

jatimnow.com - Machfud Arifin menyapa warga Batak yang tinggal di Surabaya. Dihadapan warga marga Panjaitan, Machfud menyampaikan bahwa Wali Kota Surabaya pertama adalah Radjamin Nasution, keturunan Batak.

"Surabaya itu memang kota multi kultur. Supaya diketahui oleh orang Surabaya, wali kota pertama di Surabaya itu adalah Pak Radjamin Nasution orang Batak," kata Machfud Arifin di acara Pesta Bona Taon Raja Panjaitan Dohot Boruna Surabaya dan sekitarnya di Jalan Opak, Surabaya, Minggu (23/2/2020).

Purnawirawan polisi dengan pangkat terakhir Irjen Pol ini menambahkan, Kota Pahlawan itu bukan sekedar untuk orang Surabaya tapi untuk Jawa Timur dan Indonesia.

Machfud dan istrinya menerima kain ulos Batak

"Dan ini terbukti paguyuban yang ada di kota Surabaya ini perlu dipertahankan, terus kita lakukan pembinaan-pembinaan supaya lebih dipererat untuk kepentingan-kepentingan bangsa dan negara ini," tuturnya.

Machfud yang direkomendasi sebagai Bakal Calon Wali Kota Surabaya oleh koalisi partai politik PKB, PAN, Gerindra, Demokrat, PPP dan Partai NasDem, berharap komunitas seluruh orang Batak di Kota Pahlawan nantinya bisa berpartisipasi aktif memilih pemimpin yang bisa membangun Surabaya lebih maju lagi.

"Pemimpin yang juga tetap mempertahankan kultur-kultur yang ada di Surabaya, kebersamaan dengan semua suku di sini ada semuanya. Semuanya guyup rukun membangun Surabaya lebih maju lagi," harapnya.

Irjen Pol (Purn) Machfud Arifin bersama paguyuban warga Batak di Surabaya

Sementara itu, Ketua Umum Punguan Raja Panjaitan Dohot Boruna Surabaya dan sekitarnya, Poltak H Panjaitan merasa senang dengan kehadiran Machfud Arifin.

"Kita senang ya Pak Machfud bisa bersama dengan kita hari ini. Kita bersyukur semoga pemimpin ke depan bisa memperhatikan apa yang menjadikan ciri khas dimana heterogenis itu ada, dari berbagai suku, etnis, dan agama itu ada di Surabaya," kata Poltak.

Ia berharap, pada Pilwali Surabaya 2020 Machfud Arifin terpilih sebagai Wali Kota Surabaya.

"Kita berharap dengan bersatunya kita dan saling mendukung pasti Surabaya lebih maju," katanya.

Di acara tersebut, Machfud menceritakan pengalamannya saat di kepolisian pernah berdinas di Sumatera Utara sekitar 6 tahun dan pernah menjadi Kapolres Deli Serdang.

Suasana akrab Machfud Arifin dan istrinya bersama warga Batak

Machfud bersama istrinya, Lita Machfud Arifin juga bisa menyanyikan lagu-lagu daerah Batak. Serta ikut menari berbaur bersama warga Batak.

Melihat keakraban itu, Poltak yakin Machfud akan dapat mengelola Kota Surabaya lebih baik lagi dan maju.

"Setelah bapak (Machfud Arifin) datang ke sini, kita melihat bagaimana Bapak Machfud Arifin bisa bersatu dengan kita. Kita yakin kedepannya pasti Bapak Machfud Arifin bisa mengelola Surabaya lebih baik dari pemimpin-pemimpin yang sebelumnya," tegasnya.

Ia mengatakan, warga Batak yang tinggal di Kota Pahlawan siap mendukung Machfud di Pilwali Surabaya tahun 2020.

"Kita siap memilih pemimpin yang betul-betul bersama dengan kita seperti Pak Machfud. Kedepannya semoga menjadi wali kota yang bisa menjadi andalan kita kedepannya," jelasnya.

Loading...

jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter