Emil Dardak Sebut Machfud Arifin Jenderal yang Berpengalaman

Editor: Narendra Bakrie / Reporter: Jajeli Rois

Wakil Gubernur Jatim Emil Elestianto Dardak

jatimnow.com - Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Jawa Timur menggelar Seminar Pemilihan Serentak 2020 'Jogo Jawa Timur Aman dan Demokratis' di Hotel Kampi, Jalan Taman Apsari, Surabaya, Kamis (5/3/2020). Sejumlah tokoh diundang dalam acara ini.

Tokoh yang hadir dalam acara itu di antaranya Wakil Gubernur (Wagub) Jawa Timur Emil Elestianto Dardak dan mantan Kapolda Jatim rjen Pol (Purn) Machfud Arifin. Wagub Emil mendapat kesempatan pertama untuk memberikan sambutannya.

Saat memberikan sambutannya, Wagub Emil Dardak memberikan ucapan selamat datang kepada Machfud Arifin yang saat ini menjadi bakal calon wali kota Surabaya.

"Selamat datang Pak Machfud. Beliau ini adalah jenderal yang berpengalaman. Beliau sudah berpengalaman soal mengamankan pemilu dan pilkada dulu," ujar Wagub Emil.

Ia juga mengapresiasi niat dan keputusan Machfud Arifin maju sebagai calon wali kota Surabaya. Dia juga menceritakan pengalamannya ketika berangkat dari Bupati Trenggalek dan memutuskan maju sebagai Calon Wakil Gubernur Jawa Timur hingga akhirnya terpilih bersama Gubernur Khofifah Indar Parawansa.

"Keputusan untuk maju bukan keputusan sepeleh loh. Itu keputusan besar. Kadang-kadang orang mikir yang dikejar jabatannya, bukan itu pak," ungkapnya.

"Kadang-kadang memutuskan maju itu panggilan pas salat malam. Kadang yang dipikirkan gila jabatan, nggak juga karena sakit hatinya, juga banyak jadi cawagub, betul. Dibilang ambisius lah, dibilang apa lah. Tapi harus kita raih, artinya kita tetap maju terus, karena kita tahu nawaitunya kita apa," papar Wagub Emil.

Dia juga mengapresiasi bagi calon yang ingin maju sebagai calon kepala daerah di 19 kabupaten dan kota.

"Jadi tentunya kita mengapresaisi betul kepada yang ingin maju dan apalagi membawa kontens diskusinya berkualitas," ujarnya.

Ada 19 daerah yang menyelenggarakan pilkada yaitu Kota Surabaya, Kabupaten Gresik, Kabupaten Lamongan, Kabupaten Tuban, Kabupaten Sidoarjo, Kota Pasuruan, Kabupaten Situbondo, Kabupaten Jember, Kabupaten Banyuwangi, Kabupaten Mojokerto, Kabupaten Kediri, Kabupaten Blitar, Kota Blitar, Kabupaten Malang, Kabupaten Ponorogo, Kabupaten Ngawi, Kabupaten Pacitan, Kabupaten Trenggalek, Kabupaten Sumenep.

Di daerah tersebut ada kepala daerah yang tidak memiliki wakil seperti Kabupaten Malang, Kabupaten Trenggalek dan incumbent yang maju di pilkada.

Daerah tersebut nantinya akan diisi oleh pelaksana tugas (plt) dari pejabat Pemerintahan Provinsi Jawa Timur. Kata Wagub, plt kepala daerah nantinya diminta menjalankan tugasnya melayani masyarakat dan tidak menghambat proses pilkada.

"Silahkan diawasi betul. Siapapun plt-nya tugasnya nomor satu menjalankan pemerintahan yang baik, melayani masyarakat dan tidak mengganggu proses politik yang ada," terang Wagub Emil.

Ia berharap, pilkada serentak di Jawa Timur berjalan aman dan demokratis dengan partisipasi pemilih sangat tinggi.

"Kita berharap semuanya berjalan lancar. Partisipasi pemilih tinggi, banyak tertarik ikut mencoblos. Semakin banyak yang mencoblos semakin legitimet," tambahnya.

Wagub Emil juga menyampaikan pesan Gubernur Khofifah kepada pasangan calon (paslon) kepala daerah dan juga media massa.

"Pesan dari ibu gubernur, dari seluruh paslon semoga mengedepankan program dan track record-nya," ulasnya.

"Untuk media massa, pesan ibu gubernur, mari kita tangkal hoaks dan mari kita lawan langkah-langkah yang sifatnya ingin memecah belah, memancing keresahan masyarakat," sambungnya.

Dalam seminar yang digelar PWI Jatim, Bacawali Surabaya Machfud Arifin memuji dunia pers yang ikut berkontribusi pada pemilu.

"Kontribusinya memberikan informasi kepada masyarakat yang layak, ini harus diapresiasi," tandas Machfud Arifin.

Loading...

jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter