Bu Risma, Lampu-lampu Hias di Kota Tua Jalan Karet Tak Nyala Lho

Editor: Narendra Bakrie / Reporter: Zain Ahmad

Deretan lampu hias tempo dulu di Kota Tua Jalan Karet Surabaya tak menyala (Foto-foto: Fajar Mujianto/jatimnow.com)

jatimnow.com - Deretan lampu hias tempo dulu yang dipasang di Jalan Karet, Surabaya telah terpasang lama. Sayangnya, lampu-lampu di Kota Tua Surabaya utara itu tak menyala saat malam hari.

Informasi yang didapat jatimnow.com di lokasi, sekitar 20 lampu hias itu selesai dipasang September 2019. Namun seluruh lampu itu tidak menyala.

Roni, warga setempat menyayangkan hal tersebut. Ia mengatakan bahwa seluruh lampu itu sudah dihubungkan dengan kabel listrik. Lampu juga pernah dinyalakan secara serentak, tetapi tidak lama.

"Awal-awal aja cuma nyala satu minggu. Setelah itu nggak nyala sama sekali sampai sekarang. Ini kan jadinya nggak ada gunanya. Padahal di sini jalannya gelap. Rawan juga. Apa nunggu event-event baru dinyalakan," ungkap Roni kepada jatimnow.com, Selasa (10/3/2020).

Lampu hias tempo dulu di Kota Tua Jalan Karet Surabaya tak menyalaLampu hias tempo dulu di Kota Tua Jalan Karet Surabaya tak menyala

Roni menyebut lampu di Jalan Karet tidak lagi menyala sekitar empat bulan lebih. Hingga hari ini juga belum ada perbaikan.

"Kalau dipasang aja, tapi nggak dinyalakan, apa gunanya. Padahal di sini sering digunakan foto-foto, buat video juga sama wisatawan dari luar Surabaya," ujarnya.

Sementara Ketua RT setempat, Sa'i juga mengaku sudah mengetahui bahwa lampu-lampu di Jalan Karet itu tak menyala. Menurutnya, pihak kelurahan juga telah melakukan survei.

"Kami menunggu perbaikan. Sudah dilaporkan. Kalau nggak menyala begini, apa gunanya dipasang," tambah Sa'i.

Lampu-lampu hias tempo dulu di Kota Tua Jalan Karet Surabaya tak menyalaLampu-lampu hias tempo dulu di Kota Tua Jalan Karet Surabaya tak menyala

Menurutnya, kelurahan terus melakukan pengawasan setelah Jalan Karet direvitalisasi. Namun itu bukan hal mudah.

Sa'i mengusulkan adanya pemasangan kamera CCTV. Sebab, hingga hari ini belum ada kamera pengintai di Jalan Karet. Kalaupun ada, itu yang dipasang pemilik toko. Sedangkan daya jangkaunnya tak luas. Padahal, keberadaan kamera pengintai cukup penting.

"Kan tidak hanya untuk mengawasi pelanggaran, CCTV juga diperlukan untuk mengetahui adanya pencurian lampu atau ornamen di kawasan Kota Tua. Jadi penting juga," tandasnya.

Loading...

jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow4@gmail.com

Newsletter