Jelang Pilkada 2020, Polres Ponorogo Bentuk Unit Siber

Editor: Narendra Bakrie / Reporter: Mita Kusuma

Kasat Reskrim Polres Ponorogo AKP Maryoko

jatimnow.com - Polres Ponorogo jelang membentuk Unit Siber atau Cyber Crime Unit, jelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020. Hadirnya unit ini seolah memberikan peringatan dini agar warganet di Bumi Reog berhati-hari dalam bermedia sosial.

Kasat Reskrim Polres Ponorogo AKP Maryoko mengatakan, bahwa Unit Siber akan fokus menangani berbagai kasus kejahatan di dunia maya atau internet, termasuk media sosial.

"Unit ini dibentuk, salah satunya dalam rangka menghadapi Pilkada 2020," jelas Maryoko, Jumat (13/3/2020).

Menurutnya, belajar dari pelaksanaan pilkada sebelumnya, pilkada yang akan berlangsung mulai September tahun ini, media sosial juga akan menjadi salah satu sarana.

"Jadi unit ini yang akan mendeteksi adanya ujaran-ujaran kebencian maupun penghinaan," terangnya.

Maryoko menjelaskan, unit ini berisi lima personel yang memiliki kompetensi khusus di bidang siber. Rinciannya, dua personil adalah personel polisi yang kompeten di bidang identifikasi, dua personel resmob serta seorang ahli teknologi informasi.

Sejauh ini, dari catatan Satreskrim Polres Ponorogo, kasus di media sosial masih minim. Ia menyebut baru dua kasus terkait ujaran kebencian yang telah ditangani. Meski begitu, kedua kasus itu diselesaikan secara kekeluargaan.

Loading...

jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow4@gmail.com

Newsletter