jatimnow.com

Begini Antisipasi Penyebaran Virus Corona di Masjid Al Akbar Surabaya

Editor : Redaksi Reporter : Sandhi Nurhartanto
Pembersihan karpet di Masjid Al Akbar Surabaya 🔍
Pembersihan karpet di Masjid Al Akbar Surabaya

jatimnow.com - Masjid Al Akbar mendukung imbauan Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini yang meminta agar tempat ibadah Umat Islam untuk menggulung karpet guna mencegah penyebaran virus corona (covid-19).

Humas Masjid Al Akbar Surabaya, Helmy M Noor mengatakan imbauan dari Wali Kota Risma itu baik.

Baca juga: Wali Kota Risma Imbau Masjid dan Musala di Surabaya Gulung Karpet

"Prinsip kami, imbauan Bu Risma sangat bagus. Untuk di Masjid Al Akbar sendiri telah menerapkan dua ikhtiar," kata Helmi saat dihubungi, Sabtu (14/3/2020).

Loading...

Ia menyebut, dua ikhtiar itu adalah ikhtiar zahir (lahir) dan ikhtiar batin. Untuk ikhtiar zahir adalah takmir atau petugas masjid membersihkan dan memberikan antiseptik pada karpet dari dua kali menjadi lima.

"Sebelumnya kami membersihkan karpet masjid dua kali. Tetapi sejak virus corona merebak, maka kami tingkatkan jadi lima kali pembersihan masjid dan selesai satu jam sebelum salat digelar. Untuk lantai masjid juga telah dibersihkan dengan di pel," terangnya.

Untuk pembersihan karpet, pihaknya menggunakan antiseptik etanol dicampur wewangian. Selain itu, takmir Masjid Al Akbar juga telah memasang 50 handshoap di toilet yang ada.

"Sedangkan untuk ikhtiar batin, imam setiap selesai Salat Rawatib membaca dan memimpin doa agar terhindar dari segala bahaya termasuk untuk Khotib Jumat," lanjutnya.

Ia menjelaskan, untuk Salat Jumat sendiri di Masjid Al Akbar Surabaya menyediakan 1300 lembar karpet tambahan bagi para jemaah.

"1300 lembar untuk Salat Jumat bila selesai digulung. Sedangkan di ruang utama ada 60 lembar karpet yang disisakan dan itu pun diganti bila dirasa waktunya," kata dia.

Pihak Masjid Al Akbar Surabaya sendiri direncanakan pada Senin (16/3/2020) akan menggelar apel siaga corona dan doa bersama. Dalam kegiatan itu akan digelar diantaranta senam cuci corona dan jemur karpet massal. 

"Itu kegiatan internal Al Akbar untuk mengingatkan dimana masjid untuk tetap menjaga kebersihan dan menggalakkan lagi hidup bersih. Juga agar wali murid tidak panik dan tetap waspada," tandasnya.