jatimnow.com

Dua Pasien dalam Pengawasan di Sidoarjo, Rumah Sakit Batasi Pengunjung

Editor : Sandhi Nurhartanto Reporter : Achmad Supriyadi
Direktur RSUD Sidoarjo, dr Atok Irawan (tengah) 🔍
Direktur RSUD Sidoarjo, dr Atok Irawan (tengah)

jatimnow.com - Mengantisipasi menyebarnya Virus Corona (Covid-19), RSUD Sidoarjo memberlakukan pembatasan dan melakukan pemeriksaan suhu badan pengunjung.

Pembatasan dan pemeriksaan suhu badan bagi pengunjung itu disampaikan oleh Direktur RSUD Sidoarjo, dr Atok Irawan. Ia mengatakan, pengantar dan penunggu pasien hanya dibatasi 1 orang.

"Kebijakan pembatasan pengunjung diberlakukan mulai hari ini hingga batas waktu belum ditentukan. Penunggu pasien diperbolehkan hanya 1 orang. Semua ini dilakukan sebagai bentuk kewaspadaan penyebaran Virus Corona. Kami juga memperbanyak ruang isolasi untuk antisipasi tambahan pasien dengan suspect Covid-19," katanya, Senin (16/3/2020).

Ia memaparkan, hingga saat ini pihak RSUD Sidoarjo telah menangani 4 pasien yang diisolasi. Dua pasien telah dinyatakan negatif dan telah diperbolehkan pulang, tinggal dua pasien yang dirawat intensif dengan status Pasien Dalam Pengawasan (PDP).

Loading...

Dua pasien dalam pengawasan itu berada dalam ruang isolasi dan belum dinyatakan positif. Kedua orang itu diperiksa meliputi riwayat kunjungan pasien, cek laboratorium darah dan swap tenggorokan.

"Dua pasien ini statusnya PDP (pasien dalam pengawasan), statusnya nanti menunggu hasil uji lab swap tenggorokan dari Unair," jelas Ketua Tim Dokter penanganan pasien Covid-19, dr Wasis.

Sebelumnya, RSUD Sidoarjo menerima rujukan dari RSU Dr Wahidin Sudiro Husodo Mojokerto dengan pasien inisial (M) laki-laki usia 52 tahun.

M merupakan pasien kode 4 yang ditangani RSUD Sidoarjo, riwayat kunjungan M sebelumnya pernah kontak fisik langsung dengan pasien di Jakarta yang positif Covid-19.

Beberapa hari kemudian setelah dari Jakarta, M mengeluh sesak nafas, demam dan batuk-batuk. Selanjutnya M berobat ke RSU Dr Wahidin Sudiro Husodo.

Sedangkan pasien dengan kode 3 inisial (A) laki-laki usia 47 tahun warga Surabaya yang tinggal di Sidoarjo.

A memiliki riwayat perjalanan setelah bertugas dari Jakarta mengeluh badannya panas, sesak nafas dan batuk-batuk. Pasien kemudian memeriksakan diri ke RS Delta Surya dan dirujuk ke RSUD Sidoarjo.

Saat ini kondisi M sudah membaik, dengan suhu badan 36,5 derajat dan cenderung stabil.

Sedangkan kondisi A masih sedikit sesak nafas, suhu tubuh 37 derajat dan radang paru-paru. Status kedua pasien baru ditentukan setelah melihat hasil lab SWAP tenggorokan dari Unair.

Loading...