Dirikan Posko Kesehatan dan Cek Suhu Tubuh Penumpang Kapal di Gresik

Pengecekan suhu tubuh bagi penumpang di Pelabuhan Gresik

jatimnow.com - Dinas Kesehatan Kabupaten Gresik melakukan pengecekan tes suhu badan para penumpang kapal cepat Express Bahari dari Pulau Bawean yang bersandar di Pelabuhan Gresik menggunakan thermogun sebagai upaya pencegahan Virus Corona (Covid-19), Rabu (18/3/2020).

"Kami menerjukan tiga tim yakni tim pengukur suhu badan, tim disinfektan, dan tim evakuasi yang bertugas apabila ditemukan penumpang yang sakit maka pasien bisa langsung diantar ke puskesmas atau rumah sakit terdekat," kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Gresik, Saifudin Ghozali.

Selain memeriksa suhu tubuh penumpang, di Pelabuhan Gresik juga disediakan posko terpadu kesehatan.

Kapolres Gresik, AKBP Kusworo Wibowo menjelaskan posko terpadu kesehatan ini merupakan hasil kerjasama antara Dinas Kesehatan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), DPRD, Polres Gresik dan Kodim 0817 Gresik.

"Posko terpadu ini kami memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat, khusunya warga Bawean yang akan melakukan perjalanan melalui Pelabuhan Gresik supaya mereka terhindar dari virus-virus yang tidak kita harapkan," kata Kusworo.

Alumnus Akpol 2000 itu juga menambahkan bahwa tim ini akan melakukan tindakan serupa kepada para penumpang kapal lain yang bersandar di Pelabuhan Gresik.

"Setiap hari ada dua kapal penumpang bersandar di Pelabuhan Gresik yang sandar pada pagi dan sore hari. Kami juga akan lakukan hal yang sama kepada para penumpang kapal selain kapal ini," pungkas Kusworo yang turut membagikan hand sanitizer kepada para penumpang.

Loading...

Berita Terkait