jatimnow.com

Wabah Virus Corona

Makam Syeh Maulana Malik Ibrahim dan Sunan Giri Ditutup Sementara

Editor : Sandhi Nurhartanto Reporter : Sahlul Fahmi
Penutupan sementara dua lokasi wisata religi di Gresik 🔍
Penutupan sementara dua lokasi wisata religi di Gresik

jatimnow.com - Yayasan Maulana Malik Ibrahim Gresik menutup sementara makam Syeh Maulana Malik Ibrahim (Sunan Gresik) yang terletak di Kawasan Gapuro Sukolilo, Gresik guna mencegah penyebaran Virus Corona (Covid-19).

Sekretaris Umum Yayasan Maulana Malik Ibrahim Gresik, Taufiq Haris mengatakan penutupan ini merupakan respon terhadap aturan pemerintah yang tengah berupaya keras memerangi Virus Corona.

"Penutupan ini demi kebaikan bersama dan sifatnya sementara. Jika nanti pemerintah telah menyatakan bahwa kondisi telah benar-benar membaik maka kami akan kembali membukanya untuk umum," kata Taufiq, Rabu (18/3/2020).

Ia menambahkan jika peziarah di Makam Syeh Maulana Malik Ibrahim itu tidak hanya dari warga sekitar Gresik. Perhari jumlah pengunjungnya bisa mencapai 500 orang.

Loading...

"Bahkan menjelang Ramadan jumlahnya bisa lebih dari itu," ujarnya.

Selain makam Syeh Maulana Malik Ibrahim, makam Sunan Giri yang berlokasi di Dusun Giri Gajah, Desa Giri, Kecamatan Kebomas, Gresik juga telah ditutup sementara untuk umum.

Selama ini kedua makam Wali Songo itu masuk dalam daftar cagar budaya yang pengawasannya menjadi tanggungjawab Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Timur.

Saat dihubungi terpisah, arkeolog BPCB Jatim, Wicaksono Dwi Nugroho mengatakan jika penutupan kedua makam itu telah dikoordinasikan dengan dinas kebudayaan dan pariwisata serta yayasan makam.

"Penutupan sesuai kebijakan pemerintah per tanggal 16 Maret 2020, supaya semua tempat wisata dan ruang publik dilakukan penutupan sementara hingga 14 hari ke depan," kata Wicaksono.

Loading...