jatimnow.com

Wabah Virus Corona

Pulang Berlibur, Seorang Warga di Ponorogo Diisolasi dengan Status PDP

Editor : Narendra Bakrie Reporter : Mita Kusuma
Kepala Dinas Kesehatan Ponorogo, drg Rahayu Kusdarini 🔍
Kepala Dinas Kesehatan Ponorogo, drg Rahayu Kusdarini

jatimnow.com - Dinas Kesehatan (Dinkes) Ponorogo kembali menerima laporan satu pasien dalam pengawasan (PDP) yang saat ini sudah dirawat di ruang isolasi Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Harjono.

"Satu PDP itu memeriksakan diri ke RSUD dr Harjono Ponorogo kemarin sore," jelas Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Ponorogo, drg Rahayu Kusdarini, Kamis (19/3/2020).

Irin-sapaan akrab Rahayu Kusdarini menambahkan, PDP itu menjalani pemeriksaan setelah mengalami gejala batuk, pilek dan demam hingga gejala phenomania seperti sesak nafas. Menurut Irin, satu PDP itu mengalami gejala sepulang dari traveling di kota terjangkit.

"Baru pulang dari kota terjangkit. Usianya di bawah 50 tahun," jelasnya.

Loading...

Sementara satu PDP yang sebelumnya diisolasi sudah diturunkan statusnya menjadi orang dalam pengawasan (ODP). Status itu menyusul kondisi pasien yang sudah tidak menunjukkan phenomania yang buruk dan sudah diperbolehkan pulang. Dengan itu, ODP di Ponorogo bertambah jadi 24 orang.

"Kami akan pantau selama 14 hari," tambah Irin.

Sementara, data orang dalam resiko (ODR) di Ponorogo tercatat 568 hingga hari ini. Jumlah ODR itu didapat dari riwayat perjalanan orang, mulai dari kota terjangkit di Indonesia maupun luar negeri.

Loading...