jatimnow.com

Lazismu Siapkan Ribuan Makanan Siap Saji untuk Terdampak Corona

Editor : Sandhi Nurhartanto Reporter : Jajeli Rois
Ketua Lazismu Jatim menerima bantuan makanan dari PT KLM 🔍
Ketua Lazismu Jatim menerima bantuan makanan dari PT KLM

jatimnow.com - Lembaga Amil Zakat Infaq dan Shadaqah Muhammadiyah (Lazismu) Jawa Timur menyiapkan ribuan makanan siap saji dalam kaleng untuk warga terdampak wabah Virus Corona (Covid-19).

"Banyak program seandainya terjadi sesuatu ada lockdown atau ada masyarakat kurang mampu yang terdampak dan membutuhkannya akan kita bagikan makanan ini," kata Ketua Lazismu Jatim, drh Zainul Muslimin di kantor Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Jawa Timur, Surabaya, Selasa (24/3/2020).

Saat ini, ada sekitar 2.500 kaleng isi kornet daging sapi. Daging tersebut berasal dari hewan kurban yang sudah diolah menjadi kornet.

Juga ada makanan kaleng NasiSoto sebanyak 3000 kaleng, NasiRawon 3000 kaleng dan NasiRendang sekitar 1000 kaleng.

Loading...

Makanan siap saji itu rencananya dalam waktu dekat akan dibagikan kepada ojek online yang penghasilannya terganggu akibat wabah Virus Corona.

"Kornet ini rencananya akan kami serahkan pada pengemudi ojek online (ojol). Mereka ini kan salah satu paling terdampak akibat Corona karena orderan sepi," ujarnya.

Ia menambahkan, pihaknya juga menerima bantuan dari PT Kelola Mina Laut (KML) berupa 400 kilogram olahan ikan.

"Semua bantuan ini akan kita serahkan kepada masyarakat yang penghasilannya berkurang akibat Covid-19," ujar dia.

Selain membagikan makanan, Lazismu juga mengerahkan relawan untuk melakukan penyemprotan disinfektan sebagai upaya pencegahan terhadap wabah Virus Corona.

Penyemprotan ini dilakukan di rumah sakit, tempat ibadah, lembaga pendidikan dan juga panti asuhan dan digelar di 38 kabupaten dan kota di Jatim.

"Kita memberi relawan multivitamin agar daya tahan tubuh mereka baik. Kami juga akan menerima bantuan minuman elektrolit untuk para relawan," jelas Zainul.

Sementara itu bagian logistik PT KML, Muhammad Faris Ma'ani mengatakan, selama ini hubungan antara KML dengan Lazismu berjalan dengan baik.

"Kami kan tidak melulu urusan bisnis. Urusan sosial juga kami peduli. Kami selalu mendukung dan berkontribusi pada kegiatan Muhammadiyah. Meskipun jumlahnya tidak besar, tapi ini akan berkala. Anggap saja ini kontribusi awal," kata Faris.

Loading...